Kandidat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Beradu Janji

DEBAT KANDIDAT – Empat Pasangan Calon (Paslon) Gubernur–Wakil Gubernur Sumsel 2018 mengadu program, visi dan misi dalam debat kandidat di Novotel Palembang, Rabu (14/3/2018). Tampak, Paslon Herman Deru-Mawardi Yahya, Saifudin Aswari Rivai-Irwansyah, Ishak Mekki-Yudha Pratomo Mahyuddin dan Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramanda Kiemas saat hadir dalam debat tersebut. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Debat kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, di ballroom Hotel Novotel, Rabu (14/3/2018) malam, dimanfaatkan masing-masing kandidat dengan menyampaikan ‘janji’ politik ke masyarakat, mulai dari akan melakukan pemerataan pembangunan di Sumsel, pendirian pabrik ban hingga perbaikan infrastruktur.

Debat yang dimoderatori presenter TVRI Herdina Suherdi ini, menghadirkan sejumlah panelis dari berbagai disiplin ilmu, yakni Prof Siroji (Rektor UIN Raden Fatah Palembang), Prof Ki Agus M. Sobri (Dekan Fakultas Sospol Unsri), Prof Taufik Marwah (Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya), DR Febrian (Dekan Fakultas Hukum Unsri) dan DR Yayat Supriyana (Dosen Universitas Tri Sakti Jakarta).

Pantauan SN, debat publik tahap pertama ini berlangsung dalam enam segmen. Di segmen pertama masing-masing kandidat diberi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misinya, kemudian di segmen kedua dan ketiga, masing-masing kandidat menjawab pertanyaan dari panelis yang dibacakan oleh moderator. Kemudian di segmen keempat masing-masing kandidat bertanya ke kandidat lainnya, dengan diatur oleh moderator, begitupun di segmen kelima, kandidat melemparkan pertanyaan ke kandidat lainnya, dan kemudian menanggapinya. Di segmen keenam atau penutup, masing-masing kandidat diberikan waktu untuk menyampaikan kata penutup sekaligus ajakan untuk memilih.

Baca Juga :   Pilkada OKI: ISO & AQOR Tak Miliki Hutang

Keempat pasang kandidat hadir dalam debat kandidat ini, pasangan nomor urut 1, Herman Deru-Mawardi Yahya (HD-MY), nomor urut 2, Aswari Rivai-Irwansyah (ASRI), pasangan nomor urut 3 Ishak Mekki-Yudha Mahyuddin (Ishak-Yudha) dan pasangan nomor urut 4 Dodi Reza Alex-Hm Giri Ramanda N Kiemas (Dodi-Giri).

Cagub nomor urut 1 Herman Deru yang diberikan kesempatan pertama berbicara, menjanjikan Sumsel yang lebih baik. Selain akan mendirikan pabrik ban sebagai upaya meningkatkan PAD Sumsel dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, HD-MY juga menjanjikan pemerataan pembangunan di Sumsel. Menurutnya, saat ini, pembangunan hanya terfokus di ibukota provinsi saja.

“Kita memiliki sumber daya alam yang luar biasa, namun kemiskinan kita masih tinggi, di angka 13,10 persen, ini harus dikurangi, dan kedepan kita harus berubah, kita akan perbaiki itu semua,” ungkap mantan Bupati OKU Timur dua periode ini.

Deru juga mengkritisi soal masih banyaknya angkutan batubara yang melintasi jalan umum, jika dipercaya memimpin, ia berkomitmen akan melarang angkutan tersebut beroperasi di jalan umum.
Sementara untuk mempertahankan zero konflik di Sumsel, peran tokoh agama dan tokoh masyarakat akan lebih dimaksimalkan lagi. “Kalau dalam permasalahan agama, peran FUKB akan kita maksimalkan.

Baca Juga :   Surat Suara Tiba di KPU Banyuasin

Untuk mengurangi angka kriminalitas, kita akan berikan peluang kerja bagi mereka yang berpotensi melakukan tindak kriminalitas, kita juga akan maksimalkan peran tokoh agama dan masyarakat dalam hal ini,” beber Deru.

Sementara Cagub Sumsel nomor urut 2, Aswari Rivai berjanji akan memperbaiki infrastruktur jalan di Sumsel. Selain itu, ia juga menawarkan jika dipercaya memimpin Sumsel seluruh desa akan teraliri listrik.

“Program ini sudah kami buktikan di Kabupaten Lahat. Di Lahat, listrik tidak hanya mengaliri ke desa-desa di Lahat tetapi juga sudah membantu daerah lain,” kata Aswari.

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Didukung 9 Parpol, Ratna-Suwarti Harapkan Mesin Partai Bergerak Hingga ke Pelosok

Musirawas, koranSN Dukungan partai politik (Parpol) ke pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas …