Senin , September 24 2018
Home / Headline / Kantor Abu Tours Palembang Senilai Rp 5 Miliar Segera Disita

Kantor Abu Tours Palembang Senilai Rp 5 Miliar Segera Disita

Tampak suasana Kantor Abu Tours Palembang usai diambil alih oleh Aliansi Mitra Agen dan Jamaah. (foto-dok/ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Kasubdit I Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Sumsel, AKBP Suwandi Prihantoro, Minggu (1/4/2018) mengatakan, dalam waktu dekat penyidik akan segera menyita gedung Kantor Abu Tours Palembang senilai Rp 5 miliar yang berlokasi di Jalan Inspektur Marzuki, Pakjo Palembang.

Menurutnya, hal itu diketahui setelah pihaknya memeriksa sejumlah saksi dari Abu Tours di Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) dan berdasarkan hasil koordinasi yang dilakukan pihaknya dengan penyidik Polda Sulsel.

“Jadi, sesuai arahan dari Kabareskrim Polri, maka proses hukum permasalahan Abu Tours termasuk Abu Tours Palembang dilimpahkan ke Polda Sulsel. Apalagi saat ini penyidik Polda Sulsel sudah menyita aset-aset Abu Tours di Makassar dan di Saudi Arabia. Bahkan penyidik Polda Sulsel dalam waktu dekat juga akan menyita gedung Kantor Abu Tours Palembang di Pakjo serta satu unit mobil. Penyitaan ini dilakukan guna kepentingan penyidikan,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, selama di Makassar pihaknya juga telah memeriksa Pimpinan Abu Tours Cabang Palembang, Ridwan sebagai saksi dalam dugaan kasus ini.

“Semuanya sudah kami periksa sebagai saksi, termasuk pimpinan Abu Tours pusat, H Muhammad Hamzah Mamba yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Baca Juga :   Tunggu Pacar di Pasar 16 Ilir, Bunga Disetubuhi

Lanjutnya, dengan terjadinya dugaan kasus ini maka dirinya menghimbau kepada para calon jamaah umroh di Sumsel yang mengharapkan uang keberangkatan umroh kembali, harus menunggu hasil persidangan dugaan kasus ini yang nantinya akan dilakukan di Makassar.

“Sebab, penyidik Polda Sulsel juga menyelidiki Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Dari itulah dilakukan penyitaan aset-aset milik Abu Tours. Jadi, kalau calon jamaah mau uang mereka kembali, ya harus menunggu hasil dari persidangannya,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kasubdit I Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Sumsel, AKBP Suwandi Prihantoro mengungkapkan dari pemeriksaan Pimpinan Abu Tours Pusat, H Muhammad Hamzah Mamba yang dilakukan pihaknya di Polda Sulsel, diketahui jika semua uang calon jamaah di Sumsel, semuanya telah disetorkan dari Kantor Abu Tours Palembang ke Kantor Abu Tours Pusat.

“Dari keterangan Bos Abu Tours yang kami periksa, diketahui jika uang 8000 lebih calon jamaah Sumsel dengan total nilai Rp109 miliar telah digunakan tersangka H Muhammad Hamzah Mamba untuk memberangkatkan calon jamaah yang telah lebih dulu diberangkatkan. Jadi, saat ini uangnya tidak ada lagi,” jelasnya.

Untuk diketahui, Senin sore (12/2/2018) penyidik Subdit I Keamanan Negara Polda Sumsel memasang police line di Kantor Abu Tours Cabang Palembang Jalan Inspektur Marzuki, Pakjo Palembang. Pemasangan garis polisi dilakukan menindaklanjuti laporan para calon jamaah umroh ke Polda Sumsel dengan Nomor Laporan: LPB/188/ISI/2018/SPKT. Dimana dalam laporan tersebut para korban melaporkan Direktur Utama PT Amanah Bersama Umat yang menaungi Abu Tours, H Muhammad Hamzah Mamba (53), warga Jalan Bajigau Raya No 321 Makassar Sulawesi Selatan.

Baca Juga :   Aliansi Bela Al Quds Kota Palembang Bakar Foto Presiden Amerika

Bukan hanya itu, calon jamaah umroh Nurhaya (57), warga Jalan Karya Kelurahan Lebong Gajah Kecamatan Sematang Borang Palembang, Rabu (21/2/2018) juga telah melaporkan agen Abu Tours Palembang berinisial ‘DW’ (57), warga Jalan Musi Raya Barat Kecamatan Sako Palembang ke Polda Sumsel. Laporan korban diterima petugas kepolisian dengan nomor laporan: LPB/135/II/2018/SPKT.

Bahkan untuk mengungkap dugaan kasus ini, Selasa (27/2/2018) sekitar pukul 02.30 WIB, penyidik Subdit I Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Sumsel telah melakukan penggeladahan di Kantor Abu Tours Cabang Palembang.

Dalam penggeledahan tersebut penyidik menyita satu bungkus plastik berisikan berkas guna kepentingan penyelidikan. Usai digeledah, Kamis pagi (1/3/2018) Kantor Abu Tours Cabang Palembang kembali dibuka dan beroprasional. Dibukanya kantor ini karena pihak Abu Tours berjanji akan memberangkatkan para calon jamah umroh. (ded)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Pengedar Narkoba di Rusun Digerebek Saat Pesta Sabu

Palembang, KoranSN Hamidin (49), warga Jalan Tuah Patinaya Rumah Susuan (Rusun) Blok 9 Lantai 1 ...

error: Content is protected !!