Home / Gema Sriwijaya / Banyuasin / Kantor KPU Banyuasin Diserang Massa

Kantor KPU Banyuasin Diserang Massa

Suasana saat simulasi pengamanan pihak Kepolisian di Kantor KPUD Banyuasin. (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Ratusan personel gabungan Polres Banyuasin membubarkan aksi anarkis massa yang menyerang kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Banyuasin.

Aksi anarkis ratusan massa yang menyerang kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuasin itu, juga menjadi salah satu skenario dalam simulasi pengamanan pemilu di gerbang Pemkab Kabupaten Banyuasin, Kamis (8/2/2018).

Tidak hanya anarkis, massa juga membakar sejumlah ban bekas, hingga bentrokan dengan petugas keamanan pun tidak terelakkan. Korban dari pihak kepolisian serta peserta aksi juga langsung dievakuasi oleh tim kesehatan Polres Banyuasin.

Akhirnya, aksi anarkis tersebut dapat di redam dengan baik oleh pihak kepolisian dengan tindakan yang sesuai prosedur.

Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem melalui Kabag Ops Polres Banyuasin Kompol Haris Bathara mengatakan, simulasi rangkaian kegiatan Lat Pra Ops Mantap Praja Musi 2018, dengan melaksanakan pengamanan Pilkada yang digelar untuk menunjukkan bagaimana cara pengamanan pilkada pada situasi yang anarkis.

“Simulasi menggambarkan langkah Polri dalam mengamankan para perusuh maupun yang bersikap anarkis,” katanya.

Simulasi yang dilakukan, sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) Polri, bagaimana cara bertindak Polri dalam melakukan pengamanan. “Dengan dilakukan simulasi yang subyektif mungkin agar terlihat sesuai dengan kondisi lapangan yang akan dihadapi oleh anggota Polri dan stakeholder lainnya,” ujar Kompol Haris.

Ia mengatakan, saat pelaksanaan pilkada serentak, 27 Juni mendatang, sejumlah titik yang dinilai rawan dan vital, seperti kantor KPU, kantor Pengawas Pemilu (Panwaslu), DPRD, SPBU dan pusat pertokoan, akan mendapat pengamanan lebih ketat.

“Kita akan siagakan personil gabungan dalam pengamanannya nanti, 551 personil Polri, 200 personil TNI dan satu kompi personil dari Brimob Polda Sumsel,” ucapnya. (sir)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Warga Keluhkan Tumpukan Sampah di Talang Jawa Tak Pernah Diangkut Petugas

Lahat, KoranSN Sejumlah warga yang biasa beraktifitas di Jalan Letnan marzuki mengeluhkan tumpukan sampah di ...

error: Content is protected !!