Kapolda: Kapolres Jangan Hanya Tidur, Saya Tersingung Warga Saya Digituin Pelaku Begal

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara (Foto-Dedy/Dok/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Selasa (10/7/2018) menegaskan, semua Kapolres di jajaran Polda Sumsel jangan hanya tidur saja. Tindak tegas dan tangkap semua pelaku begal yang melancarkan aksi kejahatan di wilayah Sumsel.

Bahkan menurut Kapolda, saat ini dirinya sudah menegur Kapolres dan Kasat Reskrim yang di wilayah hukumnya terjadi aksi begal.

“Seperti kejadian di Lebong Siarang, Senin kemarin (9/7/2018). Tiga pelajar dibacok mengakibatkan salah satu korban tewas. Saya sudah perintahkan, kejar dan sikat pelakunya. Jadi dalam memberantas begal di Sumsel ini, semua Kapolres jangan hanya tidur, saya tersingung warga saya digituin (dibunuh) oleh pelaku begal, kejar lalu sikat pelakunya,” tegas Jenderal Bintang Dua ini.

Masih dikatakan Kapolda, selain menindak tegas begal dirinya juga telah memerintahkan semua Kapolres untuk membersihkan pelaku kejahatan jalanan seperti; jambret, bandit pecah kaca dan copet.

Baca Juga :   Kasus PTDI, KPK Fokus Kumpulkan Alat Bukti

“Hal ini dilakukan karena dalam waktu dekat di Sumsel akan dilaksanakan Asian Games 2018. Makannya semua Kapolres saya perintahkan menggelar operasi khusus memberantas kejahatan jalanan. Dimana dalam operasi ini, begal, jambret dan copet serta pelaku-pelaku kejahatan jalanan lainnya harus disikat dan dibersihkan,” katanya.

Selain itu, lanjut Kapolda, dirinya juga memerintakan semua Kapolres dan Kasat Reskrim di Sumsel untuk memburu para buronan begal yang belum tertangkap.

“Misalkan, ada dua begal yang beraksi, namun yang tertangkap baru satu pelaku sementara satu pelaku lagi belum tertangkap hingga menjadi DPO dan target operasi (TO). Nah, untuk pelaku yang DPO dan TO inilah yang saya perintahkan untuk dikejar lalu ditangkap. Sebab, polisi kan pasti sudah ada data tersangkanya, dan apabila saat ditangkap pelakunya melawan maka saya perintahkan anggota untuk menyikat pelakunya,” ungkapnya.

Baca Juga :   9 Jam KPK Periksa Sekda Banyuasin

Lebih jauh Kapolda mengungkapkan, sejauh ini Polresta Palembang dan Polres OKI yang sudah melakukan tindakan tegas dengan menembak mati pelaku begal. Untuk itu dirinya berharap kedepan Polres-Polres lainnya di Sumsel juga memberlakukan hal yang sama dalam menindak tegas pelaku begal yang sadis.

“Tindakan tegas kepada begal bukan hanya peringatan kepada para pelaku kejahatan saja, namun kami akan terus dan terus menyikat pelaku-pelaku begal yang melancarkan aksinya di wilayah Sumsel,” tandas Kapolda. (ded)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

KPK Eksekusi Saeful Bahri ke Lapas Sukamiskin Bandung

Jakarta, KoranSN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengeksekusi Kader PDI Perjuangan (PDIP), Saeful Bahri ke …