Selasa , September 25 2018
Home / Lacak / Kapolda: Kereta LRT Terbukti Abal-abal, Saya Proses Hukum

Kapolda: Kereta LRT Terbukti Abal-abal, Saya Proses Hukum

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara. (foto-dedy/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Senin (13/8/2018) menegaskan, jika pihaknya akan menyelidiki pengadaan kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang. Jika terbukti abal-abal maka dirinya akan melakukan peroses hukum.

Diungkapkan Kapolda, usai Asian Gemes nanti penyelidikan baru akan dimulai. Hal ini dilakukan terkait mogoknya kereta LRT yang terjadi belum lama ini di kawasan Jakabaring.

“Saya tidak main-main, jika dalam penyelidikan ditemukan fasilitas kereta LRT menggunakan kualitas yang tidak sesuai atau abal-abal, maka saya proses hukum,” tegasnya.

Menurut Kapolda, jika dirinya telah memerintahkan Kapolresta Palembang untuk melakukan pemeriksaan terkait mogoknya kereta LRT tersebut.

“Informasi yang saya dapat, LRT itu mogok karena adanya konsleting, makanya akan saya selidiki. Saya tidak mau mogoknya kereta tersebut dianggap permasalahan enteng. Karena LRT ini untuk menunjang Asian Games,” kataKapolda.

Lanjut Kapolda, usai pelaksanaan Asian Games 2018 nanti pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait mogoknya kereta LRT tersebut dengan melakukan pemeriksaan kepada sejumlah pihak.

Baca Juga :   Timah Panas Bersarang di Kaki Spesialis Bobol Rumah Kosong

“Nanti kita panggil dan periksa pihak-pihak yang terkait dalam operasinal kereta LRT tersebut,” tandas Kapolda.

Terpisah, Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI, Zulfikri saat menggelar jumpa pers di Stasiun Zona 1 LRT mengatakan, berhenti mendadak kereta LRT Palembang yang terjadi di kawasan Jakabaring Palembang pada Minggu sore (12/8/2018) disebabkan karena adanya kabel putus.

Diungkapkannya, dengan adanya kejadian tersebut pihaknya selaku pemerintah meminta maaf kepada masyarakat. Sebab terjadinya kekurangan dalam operasional kereta LRT lantaran saat ini masih dalam tahap uji coba.

“Dari hasil pemeriksaan terkait berhentinya mendadak LRT Palembang pada Minggu sore kemarin, diketahui jika akibat shortcircuit karena adanya kabel yang terputus. Akibatnya, kereta berhenti dan tidak dapat dijalankan oleh masinis,” katanya.

Masih dikatakannya, sejak dioperasionalkan kereta LRT di Palembang memang sudah tiga kali kereta mengalami berhenti mendadak. Dimana sebelumnya, Rabu kemarin (1/8/2018) kereta berhenti karena pintu tidak tertutup sempurna sehingga menganggu sensor pintu yang sensitif. Kemudian pada Jumat (10/8/2018), kereta LRT kembali mendadak berhenti karena VDU (Vehicle Display Unit) atau sinyal yang tidak dapat membaca posisi kereta.

Baca Juga :   KPK Agendakan Pemeriksaan Bupati Muba, Istri serta 4 Unsur Pimpinan DPRD

“Selain itu, saat kejadian AC LRT mati hingga terjadi overheat mengakibatkan sinyal menyala lampu merah. Namun semua kejadian ini bisa diatasi oleh petugas kami yang sigap, sehingga tak lama kemudian kereta LRT kembali berjalan,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakannya, dengan masih adanya kekurangan dalam pengoperasionalan kereta LRT, maka pemerintah berharap agar masyarakat bersabar dan tetap memberikan dukungan. Sebab kereta LRT di Palembang ini merupakan hasil buatan dan karya putra putri terbaik Indonesia untuk meningkatkan daya saing nasional.

“Pada masa uji coba ini kami selaku pemerintah akan terus mengevaluasi dan memperbaiki kekurungan-kekurangan yang terjadi. Kami harap masyarakat mendukung, apalagi selain karya putra-putri Indonesia, LRT di Kota Palembang ini merupakan kereta yang pertama di Indonesia dalam rangka mendukung Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Kota Palembang,” tandasnya. (ded)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Polsek Sungai Lilin Gagalkan Penyeludupan Ribuan Burung Kolibri Asal Riau

Sekayu, KoranSN Berkat digelarnya kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) secara rutin oleh Polsek Sungai Lilin, ...

error: Content is protected !!