Home / Headline / Kapolda Sumsel Tegaskan Pembakar Lahan & Hutan Terancam 15 Tahun Penjara

Kapolda Sumsel Tegaskan Pembakar Lahan & Hutan Terancam 15 Tahun Penjara

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli saat menjelaskan dalam kasus kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di sejumlah daerah di Sumsel. (Foto-Dedy/KoranSn)

Palembang, KoranSN

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli, Rabu (14/8/2019) menegaskan, dalam kasus kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di sejumlah daerah di Sumsel, untuk pelakunya dijerat dengan Undang-Undang No. 41 tahun 1999 dengan acaman pidana 15 tahun penjara.

Menurut Kapolda, sejauh ini baru ada empat tersangka pembakar lahan yang tertangkap dan kini sedang dilakukan proses hukum untuk mempertangungawabkan perbuatan mereka karena tertangkap tangan melakukan pembakaran lahan.

Baca Juga :   POM Palembang Minta Apotek Tarik Obat Mengandung DNA Babi

“Empat tersangka ini dari perorangan, kalau pelaku dari korporasi (perusahaan) belum ada,” tegas Kapolda usai merilis ungkap kasus kejahatan jalanan di Mapolda Sumsel.

Masih dikatakan Kapolda, dalam penanggulangan kebakaran lahan dan hutan ada beberapa tindakan yang dilakukan pihaknya, diantaranya pencegahan, tanggap darurat pemadaman api serta penegakan hukum.

“Untuk pencegahan kami sudah melakukan himbauan agar warga tidak membuka lahan dengan cara membakar, bahkan saya selaku Kapolda bersama Pangdam dan Gubernur Sumsel juga telah membuat maklumat larangan membakar lahan dan hutan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Dirlantas Polda Sumsel: SIM Tidak Ada Pemutihan

Diungkapkannya, sedangkan untuk tanggap darurat pemadaman api, Satgas darat, Satgas udara, Polri dan TNI terus melakukan patroli dan memadamkan api di setiap lahan dan hutan yang terbakar.

“Dan saya tegaskan, jika saat ini Sumsel masih zero asap,” ujarnya.

Lanjut Kapolda, sedangkan untuk penegakan hukum kini pihak kepolisian terus melakukan penyelidikan terkait kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di sejumlah daerah di Sumsel.

“Dalam penegakan hukum ini, tentunya kami lakukan dengan penyelidikan guna mengungkap siapa pelakunya dan perbuatan melawan hukum yang telah dilakukan pelaku sehingga dapat dipertangungjawabkan secara hukum,” tandas Kapolda. (ded)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Tabrak Satu Keluarga di Km 14, Pengendara Motor Tewas Tergilas Truk

Palembang, KoranSN Gunawan Heriyanto (26), pengendara sepeda motor, Selasa (20/8/2019) sekitar pukul 09.00 WIB tewas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.