Home / Lacak / Kawasan di Wahid Hasyim Diamuk ‘Si Jago Merah’

Kawasan di Wahid Hasyim Diamuk ‘Si Jago Merah’


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Tampak rumah warga di Jalan KH Wahid Hasyim Lorong Terusan I RT 42 RW 08 Kelurahan 15 Ulu Kecamatan SU I yang terbakar. (foto-istimewa)

Palembang, KoranSN

Jelang beberapa hari perhelatan akbar Asian Games 2018, kawasan padat penduduk yang berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim Lorong Terusan I RT 42 RW 08 Kelurahan 15 Ulu Kecamatan SU I, Minggu sore (12/8/2018) pukul 14.15 WIB rata dengan tanah usai diamuk ‘si jago merah’.

Kebakaran hebat yang terjadi di musim kemarau ini mengakibatkan belasan rumah semi permanen milik warga yang ada di lokasi, menjadi sisa-sisa arang dan abu. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran namun dugaan sementara kebaran disebabkan akibat konsleting listrik dari salah satu rumah warga bernama Jambak.

Menurut keterangan Ketua RT 42, Aminudin (55), kobaran api tiba-tiba saja muncul dan langsung membumbung tinggi dari salah satu rumah warga bernama Jambak. Warga sekitar berupaya berbuat apapun untuk memadamkan api namun usaha warga tak berhasil lantaran api dengan cepat membesar.

Baca Juga :   Terduga Teroris yang Ditangkap di Palembang Akui Didanai Pegawai BUMN

Kodisi kemarau kering ditambah hembusan angin yang kencang, dijelaskan Aminudin, membuat api leluasa menjalar ke bangunan-bangunan rumah warga lainnya. Api baru bisa dipadamkan satu jam kemudian setelah beberapa mobil PBK datang ke lokasi.

“Waktu kejadian, saya melihat api membesar dari rumah warga. Kaget, saya langsung berteriak ada kebakaran dan meminta bantuan warga untuk memadamkan api. Namun karena kemarau, sulit mencari air membuat api dengan cepat merambah ke rumah warga lainnya,” katanya.

Masih kata Amunudin, selain melakukan upaya pemadaman api, warga langsung melaporkan kebakaran ini ke petugas PBK dan pihak kepolisian setempat.

“Kami nelpon pemadam kebakaran dan tak lama, polisi dan petugas pemadam tiba di lokasi,” jelasnya.

Baca Juga :   Tersangka Penganiayaan dan Pembacokan Mandor Diamankan

Hal yang sama juga disampaikan, Eki Andika (30), warga yang rumahnya turut terbakar. Eki menduga kebakaran yang berawal dari rumah tetangganya tersebut disebabkan karena konsleting listrik.

“Sedikitnya, setahu saya ada sembilan rumah di sekitaran lokasi, habis dimakan api, bahkan kemungkinan lebih dari. Api cepat merambat karena rumah di sini kebanyakan terbuat dari kayu,” ujarnya.

Kasat Reskrim Polresta Palembang, Kompol Yon Edi Winara melalui Kanit Identifikasi, Ipda Agus Wijaya menerangkan, seketika mengetahui adanya kebakaran, pihaknya langsung menerjunkan anggota ke lokasi untuk melakukan evakuasi warga.

“Diduga api berasal dari konsleting listrik. Beberapa barang bukti dan keterangan dari para saksi sudah kami kumpulkan, kasus ini masih dalam penelusuran petugas,” tutupnya. (den)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

2 Eksekutor Pembunuh Calon Pendeta di OKI Terancam Pidana Mati

Palembang, KoranSN Tersangka Nang (20) dan Hendri (18), yang merupakan eksekutor pembunuhan sadis calon pendeta …