Kawasan TPA Sukawinatan Bakal Jadi Kebun Buah dan Taman Bunga

Sudirman Tegoeh.
Sudirman Tegoeh.

Palembang, SN

Kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan yang tidak digunakan sebagai lokasi pembuangan sampah, akan dijadikan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sebagai kebun buah dan taman bunga.

Hal ini diungkapkan oleh Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Investasi, Sudirman
Tegoeh, Rabu (3/2/2016)
.
Soedirman mengatakan, alasan pihaknya menggunakan lahan di TPA Sukawinatan untuk dibuat kebun bunga dan taman buah, karena daerah tersebut saat ini sudah merupakan kawasan yang sering dilintasi, terlebih dengan adanya jalan Noerdin Pandji.

“Letaknya juga dipinggir jalan besar, kalau dibiarkan saja tentu akan merusak pemandangan dan mengganggu penciuman masyarakat oleh bau dari sampah, kalau ada taman bunga, minimal wanginya akan mengurangi bau tidak sedap dari sampah,” ujarnya.

Baca Juga :   Sumsel Garis Merah Peredaran Narkoba

Lanjutnya, rencana tersebut tengah ditindaklanjuti dengan bantuan konsultan dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Nantinya, dikawasan tersebut akan ditanami bunga yang bisa mengeluarkan aroma-aroma wangi dan tanaman buah asli Palembang yang juga bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar kawasan tersebut.

“Pokoknya macam-macam bunga dan buah yang akan ditanam disitu, bisa bunga mawar, lavender dan bunga lainnya, sedangkan untuk buah juga bisa jeruk, apel, jambu dan juga buah naga,” imbuhnya.

Menurutnya, pembangunan kebun buah dan taman bunga juga untuk menambah tempat wisata baru yang berbasis alam untuk masyarakat kota Palembang.

“Kita ingin semua lahan yang tidak terpakai lagi bisa dimanfaatkan agar bisa menarik, seperti contoh taman bunga modern ini nanti,” katanya.

Baca Juga :   Antisipasi Pendatang dan Pedagang Liar, Satpol PP Bakal Lakukan Razia Gabungan

Tambahnya, taman ini akan dibangun di lahan seluas 5 hektar milik Pemkot Palembang dengan kebutuhan dana dari konsultan sebesar Rp 7 Miliar.

“Pembangunan ini akan menggunakan Anggaran Belanja Pendapatan Negara (APBN), nanti anggarannya akan kita revisi lagi, karena kalau untuk luas tanah 5 hektar, nilai itu di rasa belum cukup,” jelasnya. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Wawako Fitrianti Agustinda Apresiasi Program GISA

Palembang, KoranSN Pemerintah Kota Palembang menyambut baik atas hadirnya yayasan Pondok kasih cabang Palembang terkait …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.