Home / Gema Sriwijaya / KB EMAS, Inovasi Kabupaten OKI Bidang Kependudukan

KB EMAS, Inovasi Kabupaten OKI Bidang Kependudukan

Bupati OKI Iskandar SE dan Ketua PKK OKI Lindawati SE akan melaunching program KB EMAS
Bupati OKI Iskandar SE dan Ketua PKK OKI Lindawati SE akan melaunching program KB EMAS. FOTO-MANISO/KORANSN

Kayuagung, KoranSN

Presiden RI Ir H Joko Widodo telah mencanangkan program Kampung KB untuk masyarakat terutama di wilayah kategori miskin, padat penduduk, terpencil yang tersebar di Indonesia. Pemerintah pusat ingin program ini mampu menekan laju pertumbuhan penduduk untuk kesejahteraan masyarakat.

Guna mendukung program tersebut,  Pemerintah Kabupaten OKI mencanangkan progam KB EMAS. Program ini adalah yang pertama di Sumselbahkan di Indonesia. Bagaimana program tersebut?

KB EMAS singkatan dari Emphaty, yakni memberikan perhatian kepada masyarakat yang belum tersentuh layanan KB. Man atau orang, yaitu ketersediaan petugas di lapangan.  Assurance, artinya memberikan jaminan dan rasa aman. Kemudian Skill, adalah keahlian petugas di lapangan.

Baca Juga :   Tim Pemutus Pelanggan PDAM Tirta Bukit Sulap Segera Beraksi

“Semuanya akan dipenuhi untuk menjangkau objek KB di wilayah pelosok. Targetnya tahun 2018 seluruh masyarakat OKI sudah menikmati pelayanan KB secara gratis,” ungkap Al Hadi Nasir selaku Kepala BKKBN
OKI, Minggu (3/4/2016).

Program ini menurut dia bertujuan lebih mendekatkan pelayanan KB kepada masyarakat terkhusus bagi mereka  yang belum mengikuti program KB terutama di pesisir, di pelosok dan dusun terpencil.

“Masih banyaknya masyarakat yang belum mengikuti program Keluarga Berencana (KB) melatarbelakangi program ini,” pungkasnya.

“Dari data tercatat, sebanyak 178.638 pasangan usia subur di OKI. 39.284 pasangan diantaranya bukan peserta KB.  Sasaran utama kami yaitu wilayah pelosok yang belum tersentuh program KB. Kami yakin, target ini dapat
terpenuhi,” ucapnya optimis.

Baca Juga :   Apriyadi: Ekariza Sosok Pemimpin Bertangan Dingin

Dalam menyukseskan program KB EMAS ini, BKKBN OKI akan dilakukan kegiatan safari KB di 4 kecamatan perairan yaitu Kecamatan Sungai Menang, Kecamatan Cengal, Kecamatan Air Sugihan dan Kecamatan
Tulung Selapan. Selain itu, juga akan dilakukan pelayanan KB keliling yang khusus di lakukan di daerfah lebak-lebak. (iso)

Publisher : Fitriyanti

Avatar

Lihat Juga

Sidak, Sekda Lahat Januarsyah Temukan Banyak ASN Bolos dan Ruangan Kantor Terkunci

Lahat, KoranSN Tingkat disiplin ASN di Kabupaten Lahat masih jauh dari kata sempurna. Sebab masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.