Minggu , Oktober 21 2018
Home / Lacak / Kebakaran di Semende, Ratusan Jiwa Mengungsi

Kebakaran di Semende, Ratusan Jiwa Mengungsi

Wakil Bupati Muara Enim, H Juarsah SH meninjau kebakaran di Desa Gunung Agung. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Pasca kebakaran hebat yang melanda puluhan rumah di Desa Gunung Agung Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT) Kabupaten Muara Enim, Selasa (9/10/2018) pagi kemarin, mengakibatkan ratusan jiwa harus mengungsi ke tempat sanak keluarganya di daerah tersebut.

Puluhan rumah yang luluh lantah rata dengan tanah karena dilalap si jago merah, sebagian rumah lagi turut terdampak kabakaran meskipun tidak terlalu parah. Kebakaran itu, mengakibatkan, para korban kebakaran harusa kehilangan tempat tinggal.

Dari keterangan Camat SDT Syarifudin AP MSi kepada wartawan Koran SN yang dikonfirmasi, Rabu (10/10) siang, melaporkan, terdapat 22 rumah hangus terbakar, sedangkan 8 rumah lagi turut terdampak kebakaran atau mengalami kekabakaran ringan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

“Ada 22 rumah yang hangus terbakar, 8 rumah lagi terdampak kebakaran. Terdapat 40 KK terdiri 151 jiwa,” ulas Syarifudin.

Ratusan korban kebakaran ini mengungsi ketempat sanak keluarganya yang berada di desa yang sama. Di lokasi juga telah didirikan dapur umum yang difungsikan untuk membantu para korban kebakaran untuk kebutuhan makan minum sehari-hari.

Masih menurut Syarifudin, para korban kebakaran ini sangat berharap untuk diberi bantuan tidak hanya sembako saja melainkan bantuan supaya mereka dapat membangun kembali rumahnya masing-masing yang hangus terbakar.

Baca Juga :   Tak Dapat Tunjukan Visa, 6 Warga Cina Pekerja Tol Diamankan

Atas kejadian itu, Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah SH turun kelapangan untuk memonitor jalannya proses evakuasi para korban kebakaran. Kedatangan orang nomor dua di Bumi Serasan Sekundang ini, paliang tidak dapat memberikan harapan untuk meringankan beban para korbana kebakaran yang sangat dahsyat tersebut.

“Kami akan membantu semaksimalkan mungkin, sore ini (kemarin) juga Dinsos akan datang untuk menyerahkan bantuan, untuk pendistribusiannya diserahkan kepada camat, kepala desa setempat,” ujar Juarsah.

Juarsah meminta kepada para korban untuk bersabar dan tabah menerima cobaan hidup ini. Pemerintah kabupaten Muara Enim tengah melakukan inventarisir kerugian materi akibat peristiwa kebakaran tersebut. Pihaknya juga mengapresiasi kepada pihak-pihak yang sudah memberikan perhatian kepada para korban ini.

“Saya dan bapak bupati atas nama pemkab Muara Enim turut berbela sungkawa yg mendalam atas musibah kebakaran yang cukup besar yang menghanguskan puluhan rumah. Jika ditaksir bisa mencapai miliyaran rupiah kerugiannya,” ulas Juarsah.

Juarsah berpesan kepada semua masyarakat untuk lebih waspada terhadap bahaya kebakaran ini. Diharapkan semua pihak dapat membantu para keluarga korban ini sebagai bentuk peduli sesama sehingga akan meringankan beban para korban kebakaran. Dan, bagi keluarga yang terkena musibah hendaklah bersabar dan menerima cobaan ini.

Baca Juga :   Warga 7 Ulu Tewas dengan Luka Tembak di Leher

Sementara itu, PT Bukit Asam (PTBA) melalui CSR turut memberikan bantuan kepada para korban kebakaran di Desa Gunung Agung Kecamatan SDT. Malam usai kejadian datang menggunakan beberapa kendaraan manajemen menyerahkan berupa sembako dan kasur serta bantal lamgsung diluncurkan ke lokasi kejadian yang jaraknya memakan waktu sekitar tiga jam dari Tanjung Enim.

Menurut petugas dari CSR PTBA, Edi Waluyo bantuan yang diberikan tersebut baru tahap awal sembari mendata lebih detil dampak dari kebakaran tersebut.

“Bantuan awal kita evakuasi korban dan bantuan selanjutnya apa-apa yang dibutuhkan untuk pemulihan,”kata Edi

Tak hanya bantuan melalui CSR, PTBA juga mengerahkan armada pemadam kebakarannya bersamaan itu juga armada pemadam kebakaran dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim bahu-membahu menaklukkan si jago merah yang diduga berasal dari korsleting listrik.

Ditambahkan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Muara Enim Yulius, kebakaran tersebut terjadi pada Selasa pagi kemarin, damkar yang diterjunkan dari PBK Muara Enim sebanyak 2 unit ditambah 1 unit suplay air, kemudian damkar di kecamatan Semende 1 unit dan dibantu dari supreme energy 1 unit dan armada dari PTBA. (yud)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Kaget Lihat Polisi Polsek Gandus, Sabu Terlepas dari Genggaman Ari

Palembang, KoranSN Ari Pratama (40), kaget saat melihat pihak kepolisian Polsek Gandus yang sedang patroli ...

error: Content is protected !!