Kebakaran Lahan Terus Terjadi di PALI

Petugas BPBD saat mencoba memadamkan api. (Foto-Istimewa)

PALI, KoranSN

Kebakaran lahan kembali terjadi di Bumi Serepat Serasan. Si jago merah kali ini melalap kebun karet milik warga yang letaknya berada di Desa Prambatan Kecamatan Abab Kabupaten PALI sejak Kamis (18/10/2018) lalu.

Hingga Senin (22/10/2018), api masih menyala meskipun tim Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibantu Dinas Penanggulangan Bencana Kebakaran (DPBK) Kabupaten PALI berjibaku selama lima hari memadamkan titik api.

“Hingga saat ini sekurangnya 4 hektar lahan semi gambut yang diatasnya ditanami karet oleh warga. Penyebab masih dalam penyelidikan tim, namun ada dugaan kesengajaan,” ungkap Junaidi Anuar, kepala BPBD PALI, Senin (22/10/2018).

Baca Juga :   Hari Santri, Ulama Diminta Dukungan Bangun Muara Enim

Dijelaskan Junaidi, bahwa kronologi kebakaran tersebut berawal pada Kamis (18/10/2018) lalu, dimana pihaknya mendapat laporan warga akan adanya kebakaran lahan perkebunan karet di perbatasan Desa Prambatan dan Desa Pengabuan.

“Kita langsung ke TKP, pada hari itu juga, tetapi hingga malam larut, api belum bisa kita padamkan karena terkendala jauh dari sumber air. Hari kedua, kita meminta bantuan BPBD provinsi untuk melakukan water bombing, tetapi pesawatnya tengah dipakai memadamkan api di kabupaten lain, sehingga kita lakukan pemadaman menggunakan alat seadanya. Di hari kedua, lagi-lagi pemadaman tidak maksimal,” bebernya.

Pemadaman dilanjutkan kembali keesokan harinya, tetapi lagi-lagi kurang maksimal. Meski dibantu mobil tangki dari DPBK, titik api masih ada.

Baca Juga :   Pembentukan Dasa Wisma Ujung Tombak Oleh Imelda

“Titik api berkurang, tetapi muncul kembali saat cuaca terik. Dan kali ini, tim kita bersama Babinsa TNI beserta masyarakat kembali lakukan pemadaman. Apabila masih belum bisa dipadamkan, kita akan minta bantuan lagi ke BPBD provinsi untuk menurunkan helikopter water bombing,” tukasnya. (ans)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Gugatan Dikabulkan MA, Ilyas-Endang Kembali Jadi Peserta Pilkada OI 2020

Indralaya, KoranSN Polemik Pilkada Ogan Ilir (OI) hampir satu bulan ini akhirnya terjawab sudah, ditandai …