Home / Gema Sriwijaya / Kecamatan Rupit Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan

Kecamatan Rupit Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan

Tampak suasana rapat pembahasan persiapan MTQ tingkat Kecamatan Rupit di kantor Camat Rupit. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Kecamatan Rupit akan melakukan seleksi Musahbaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan, dan peserta yang lolos dalam seleksi tersebut akan mewakili di tingkat Kabupaten. Hal tersebut disampaikan Camat Rupit Hj. Gusti Rohmani saat menggelar rapat di kantor Camat Rupit, Selasa, (9/1/2018).

“Kita akan melakukan seleksi MTQ tingkat kecamatan. Kalau pendaftaran dari tanggal 15 sampai 19 Januari ini, dan tempat pendaftaran di kantor KUA Kecamata Rupit. Sedangkan untuk pelaksanaan seleksi tanggal 22-23 Januari 2018,” kata Hj Gusti.
Camat menjelaskan, jika peserta yang mendaftar harus melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan pihak panitia. “Ya jelas peserta harus melengkapi syarat saat mendaftar, seperti surat mandat dari lurah atau kades, foto copy ijazah, foto copy akte lahir, keterangan domisili, pas foto dengan latar belakang merah, dan seluruh berkas dibuat dua rangkap,” jelasnya.

Camat melanjutkan, dalam seleksi tersebut, dibagi menjadi dua perlombaan, yakni Cabang Golongan Musahbaqoh terbagi menjadi dua, yakni cabang Tilawah Al-Qur’an, dan Cabang Hifzil Al-Qur’an. Namun, dalam setiap cabang perlombaan terdiri dari beberapa kategori.

“Untuk cabang Tilawah ada empat, tilawah anak-anak putra-putri usia maksimal 14 tahun, tilawah remaja putra-putri usia maksimal 24 tahun, tilawah dewasa putra-putri usia maksimal 40 tahun, dan tartil Al-Qur’an usia maksimal 12 tahun.

Sedangkan untuk Hifzil Al-Qur’an yaitu 1 jus tilawah putra-putri usia maksimal 15 tahun, 5 jus tilawah puta-putri usia maksimal 20 tahun, dan 10 jus tilawah putra-putri usia maksimal 22 tahun,” terangnya.

Sementara Kades Bingin Rupit Hengki Basyip mengatakan, sebagai tuan rumah pihaknya siap untuk melaksanakan MTQ tingkat kecamatan Rupit. “Kami siap sebagai tuan rumah MTQ tingkat Kecamatan Rupit, dan berusaha mensukseskan acara tersebut,” ungkapnya.

Ia menuturkan, sudah berapa minggu yang lalu pihaknya berkoordinasi dengan masyarakat karena selama ini Desa Bingin Rupit belum pernah menjadi tuan rumah MTQ tingkat Kecamatan Rupit.

“Masyarakat sangat antusias untuk melaksanakan MTQ ke 4 tingkat kecamatan, kami telah menyiapkan segala fasilitas yang akan di butuhkan pada saat pelaksanaan nanti, untuk tempatnya di Masjid Nurul Huda yang beralamat di Dusun 2 Bingin Rupit,” tuturnya

Di tempat yang sama, Seketaris Desa (Sekdes) Lawang Agung, Sazili mengatakan, dalam seleksi MTQ tersebut boleh mengutus perwakilan dari mana saja, tidak harus orang dusun yang bersangkutan. Namun diupayakan orang asli desa tersebut.

“Jika desa kita tidak ada perwakilan untuk dikirim untuk seleksi nanti, kita bisa mengirim perwakilan dari mana saja, namun dengan catatan orang tersebut masih masuk dalam wilayah Sumatera Selatan. Namun apabila di desa kita sendiri ada yang dikirim, mengapa tidak dari desa kita, karena hitung-hitung mencari bibit dan memajukan desa kita,” pungkasnya. (snd)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Sekda Janji Laporkan PNS OKI Bolos ke Menpan RI

Kayuagung, KoranSN Usai mendapat libur Idul Fitri selama 11 hari, para Aparatur Sipil Negara (ASN) ...

error: Content is protected !!