Home / Wisata / Keindahan Air Terjun Haman dan Muara Payang Memikat Hati

Keindahan Air Terjun Haman dan Muara Payang Memikat Hati

Tim Panoramic of Lahat foto bersama di Air Terjun Muara Payang. (foto-ist)

KABUPATEN Lahat memiliki dua air terjun yang keindahannya memikat hati. Air terjun tersebut yakni; Air Terjun Haman yang terletak di Desa Simpur Kecamatan Gumay Ulu dan Air Terjun Muara Payang yang berlokasi di Desa Kebun Jati Kecamatan Kota Agung.

Untuk Air Terjun Haman sangat memikat hati karena airnya yang selalu jernih, walaupun di musim hujan seperti saat ini Sungai Lematang airnya keruh. Dengan ditemukannya air terjun ini maka di Kecamatan Gumay Ulu kini terdapat sekitar 29 air terjun.

Pertengahan 2017 lalu Tim Panoramic of Lahat yang diketuai oleh Mario Andramartik dengan anggota Yudha, Bayu, Wahyu, Fachri, Decky dan Tya melakukan jejalah Sungai Liem dan menemukan air terjun yang dikenal dengan nama Air Terjun Haman ini, lalu diakhir Desember 2017 masyarakat membuka Air Terjun Haman tersebut sebagai obyek wisata.

Kemudian pada 29 Desember lalu, Panoramic of Lahat menyumbang baleho tanda Selamat Datang di Air Terjun Haman ukuran 2×3 meter. Hal ini dilakukan agar dapat mempermudah wisatawan yang datang. Sebelumnya Panoramic of Lahat juga membuat tanda di Air Terjun Tembok di Desa Tanjung Raja, Air Terjun Lintang di Desa Sinjar Bulan dan Air Terjun Lebuhan di Desa Gedung Agung. Semoga air terjun yang baru dibuka ini akan ramai dikunjungi wisatawan, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Tepatnya pada tahun baru 1 Januari 2018, banyak masyarakat berbondong-bondong berlibur ke obyek wisata, baik di dalam negeri maupun luar negeri, seperti; berwisata belanja ke mall, wisata budaya ke candi, wisata alam ke pantai, danau, air terjun dan gunung. Akan tetapi, kami Panoramic of Lahat yang telah konsen dengan pariwisata dan kebudayàan Lahat sejak 2012 lalu tidak demikian. Kami tetap melakukan jelajah alam atau exploring potensi wisata yang ada di Lahat.

Tapi kali ini kami ke Desa Kebun Jati Kecamatan Kota Agung yang ditempuh dari Kota Lahat sekitar 1,5 jam perjalanan. Di sini kami mengunjungi Air Terjun Muara Payang, yang mempunyai ketinggian mencapai 120 meter yang terbagi menjadi dua tingkatan dan mungkin tertinggi yang kami kunjungi selama ini. Air terjun ini keindahannya juga memikat hati.

Debit air sangat deras dan airnya jernih mengalir ke Sungai Endikat. Untuk menuju air terjun ini dari desa berjalan kaki sekitar 45 menit dan 30 menit perjalanan dengan menaklukkan tebing terbang dengan kemiringan 80 derajat, dan bila tidak hati-hati maka sangat fatal. Tantangan yang sangat berat terbayar dengan keindahan air terjun ini.

Kami pihak luar yang pertama berkunjung ke sini, menurut Gito warga setempat yang memandu kami. Wajar saja bila belum banyak yang berkunjung, karena medan yang sangat berat.

Dalam perjalanan ini kami terdiri dari; Mario Andramartik, Bayu, Okta dan dua warga setempat, Gito dan Yopi. Yopi sendiri walaupun warga setempat baru kali ini ke air terjun ini.

Dengan temuan baru ini maka menambah jumlah air terjun yang ada di Kabupaten Lahat yakni menjadi 137 air terjun dan menjadikan Lahat pemilik air terjun terbanyak se-Indonesia. Semoga kedepan ada pihak yang bisa membangun tangga ke bawah air terjun tersebut, sehingga menjadi destinasi wisata dan akan membantu peningkatan ekonomi masyarakat setempat khususnya. (mario andramartik)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Indahnya Sunrise di Pagaralam

KEINDAHAN Kota Pagaralam tidak asing lagi bagi masyarakat Sumatera Selatan. Apalagi sunrise-nya, juga sangat indah ...

error: Content is protected !!