Home / Wisata / Keindahan Air Terjun Jernih Lawang Agung

Keindahan Air Terjun Jernih Lawang Agung

Tampak anak-anak sedang bermain air di Air Terjun Lawang Agung. (foto-ist)

SETELAH satu tahun tidak berkunjung ke Air Terjun Lawang Agung. Aku melihat beberapa perubahan yang sebelumnya tak terlihat. Saat ini telah ada air terjun baru yang indah di kawasan Air Terjun Lawang Agung yaitu, Air Terjun Jernih.

Sebenarnya air terjun ini sudah ada sejak lama, akan tetapi tertutup semak belukar dan akhir tahun 2016 baru dibuka.

Pembukaan air terjun ini tak lepas dari perhatian Dahnial sang Camat Muara Payang dan Wanhar anggota DPRD Lahat, yang sangat getol dalam pengembangan pariwisata di Kecamatan Muara Payang, selain itu juga tak terlepas dari peran serta pemuda dan masyarakat Desa Lawang Agung.

Air Terjun Jernih terletak di jalan masuk menuju Air Terjun Lawang Agung atau sekitar 200 meter dari Air Terjun Lawang Agung, yang telah dikenal sebelumnya atau 200 meter dari Jalan Lintas Pagaralam – Bengkulu. Tepatnya, di sebelah kiri dan kanan jalan masuk ke Air Terjun Lawang Agung lalu jatuh ke Sungai Lintang. Air Terjun Jernih sesuai dengan namanya, berair jernih yang bersumber dari sumber mata air.

Di area sumber mata air Terjun Jernih terdapat tumbuhan selada air yang menghampar memenuhi kolam, sehingga kolam berwarna hijau bah permadani. Selada air ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang tidak banyak ditemukan di daerah lain.

Jadi saat terakhir ke sini, aku melihat 2 air terjun dan selada air akan tetapi 2 bulan kemudian di kawasan ini aku menemukan hal baru lagi yaitu, platform yang dibuat di salah satu pohon untuk spot berphoto dengan background Air Terjun Jernih atau jembatan gantung Sungai Lintang.

Kawasan ini kini sudah jauh lebih baik selain Air Terjun Lawang Agung ada juga Air Terjun Jernih yang terbagi menjadi 3 tingkatan, kolam selada air, jembatan gantung, Sungai Lintang, platform untuk berphoto dan bilik batu yang berlokasi di atas Air Terjun Lawang Agung, juga sebuah pondok beratap seng yang dapat digunakan untuk berteduh ketika hujan.

Dengan segala yang telah dimiliki, kawasan Air Terjun Lawang Agung sudah cukup memadai untuk pengunjung yang saat ini masih didominasi kawula muda. Agar lebih baik lagi maka kawasan air terjun ini perlu dibentuk pengurus yang mengelolahnya seperti kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Dengan adanya Pokdarwis maka pengelolahan air terjun ini akan lebih maksimal dan baik.

Beberapa fasilitas yang harus diperhatikan dan disiapkan seperti area parkir yang memadai dan aman, sehingga pengunjung tidak takut meninggalkan kendaraannya ketika sedang menikmati keindahan air terjun.

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Indahnya Sunrise di Pagaralam

KEINDAHAN Kota Pagaralam tidak asing lagi bagi masyarakat Sumatera Selatan. Apalagi sunrise-nya, juga sangat indah ...

error: Content is protected !!