Senin , November 19 2018
Home / Wisata / Keindahan Air Terjun Kunduran dan Perigi yang Belum Terjamah

Keindahan Air Terjun Kunduran dan Perigi yang Belum Terjamah

Keindahan Air Terjun Kunduran di Lahat. (foto-ist/mario andramartik)

Lahat, KoranSN

Sungai Salak yang bermuara ke Sungai Lematang di Kabupaten Lahat memiliki dua air terjun yang indah. Kedua air terjun tersebut yakni; Air Terjun Kunduran atau Ayek (air) Kunduran dan Air Terjun Salak atau yang terkenal dengan nama Air Terjun Perigi. Dua air terjun tersebut belum terjamah atau dikungunji oleh wisatawan.

Untuk Air Terjun Kunduran terletak di ketinggian 258 mdpl dan memiliki tinggi sekitar 40 meter dan lebar 5 meter. Lokasi asir terjun ini berada di Desa Tanjung Mulak Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat. Air terjun ini belum pernah terpublikasikan oleh berbagai media.

Bahkan menurut penuturan seorang pemandu perjalanan Tim Panoramic of Lahat yakni Dahlan, jangankan wisatawan dirinya yang merupakan penduduk asli di kawasan tersebut baru pertama kali ini mengunjungi Ayek Kunduran.

“Aku baru pertama kali ini ke Ayek Kunduran,” demikian penuturan Dahlan saat memandu Tim Panoramic of Lahat yang terdiri dari; Mario Andramartik, Debi, Fachri dan Yudha saat berjalan menuju ari terjun tersebut.

Menurut Dahlan, Ayek Kunduran sangat jarang dikunjungi orang. Jangankan orang luar desa, penduduk desa saja jarang yang mengunjungi Ayek Kunduran. Hal ini dikarenakan perjalanan yang menuruni tebing terjal sehingga air terjun tersebut jarang dijamah manusia.

Selain itu, di sepanjang sungai yang dilintasi terdapat batu-batu berlumut hijau yang licin. Ini menandakan jika lokasi tersebut jarang dilalui, selain itu di lokasi juga terdapat semak belukar yang masih liar. Bukan hanya itu, di sekitar air terjun juga belum ada tanaman yang sengaja di tanam oleh penduduk.

Perjalanan Tim Panoramic of Lahat kembali ke desa terasa lebih ringan di banding perjalanan menuju air terjun, dimana tim hanya berhenti sebentar ketika melihat sebuah air pancuran. Di lokasi ini Tim Panoramic of Lahat sempat membasuh muka, tangan dan kaki yang airnya terasa sangat segar di tengah hari nan terik. Selain itu air yang jernih dan segar di sekitar kebun kopi dan karet sangat menyejukkan hati dan pikiran.

Dalam perjalanan pulang, Tim Panoramic of Lahat dapat melihat keindahan Sungai Lematang dari perbukitan yang berjarak sekitar 500 meter. Sebelum memasuki Desa Tanjung Mulak, tim harus menyeberangi jembatan gantung melintasi Sungai Mulak yang bermuara ke Sungai Lematang. Di lokasi ini tampak air Sungai Mulak keruh berwarna kecoklatan yang berasal dari tanah yang terbawa air menuju Sungai Mulak.

Keruhnya air sungai tersebut terjadi karena masih ada masyarakat yang membuka hutan tanpa memperdulikan dampak negatifnya terhadap lingkungan, seperti erosi atau terjadinya longsoran tanah hingga lonsoran mengalir ke sungai yang berakibat air sungai menjadi keruh dan tercemar serta membuat sungai menjadi dangkal. Semestinya semua masyarakat dan pemerintah bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan termasuk hutan dan sungai.

Selain Air Terjun Kunduran di Desa Tanjung Mulak juga terdapat juga Air Terjun Tanjung Mulak yang terletak tepat di tengah desa atau dari persimpangan tugu Desa Tanjung Mulak hanya berjarak 50 meter. Dari lokasi ini tim berjalan ke arah utara dengan menyusuri sungai hingga dijumpai Air Terjun Tanjung Mulak.

Air terjun ini sangat indah yang terdiri dari 5 tingkatan dengan ketinggian masing-masing tingkatan 4 meter dan pada air terjun yang ke 5 mempunyai ketinggian sekitar 10 meter. Air terjun tersebut berair bersih dan jernih, tak mengherankan bila pada aliran sungainya terdapat puluhan selang yang berfungsi mengalirkan air ke rumah-rumah penduduk Desa Tanjung Mulak. Sebab penduduk di lokasi ini memanfaatkan air dari sungai ini untuk kebutuhan air rumah tangga mereka.

Seperti Air Terjun Kunduran, ternyata Air Terjun Tanjung Mulak juga belum banyak dikunjungi masyarakat Lahat. Bahkan dari beberapa penduduk desa yang dijumpai Tim Panoramic of Lahat mengaku belum pernah ke air terjun yang terdapat di daerah mereka.

Hingga saat ini Panoramic of Lahat (Pelopor Pariwisata Kabupaten Lahat) telah menjelajahi 140 air terjun yang berada di Kabupaten Lahat. Semoga semua air terjun di Lahat kelak dapat dikembangkan menjadi obyek wisata. (mario andramartik)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Pulau Maspari Segera Jadi Alternatif Wisata Baru Sumsel

Palembang, KoranSN Usai meninjau kondisi Pulau Maspari dan UPTD Balai Perikanan Tawar dan Payau milik ...

error: Content is protected !!