Karena Kemarau, PLN di Sumsel Lakukan Pemadaman Bergilir

Deputi Manager Hukum dan Hubungan Masyarakat PLN Wilayah S2JB Lilik Hendro Purnomo. (foto/net)
Deputi Manager Hukum dan Humas PLN Wilayah S2JB Lilik Hendro Purnomo. (foto/net)

Palembang, SN

Kemarau yang terjadi saat ini ternyata berimbas pada listrik. Pasalnya, beberapa pembangkit milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak dapat beroperasi akibat surutnya air.

“Beberapa pembangkit kami yang menggunakan air (PLTA) tidak dapat beroperasi karena surutnya air akibat kemarau, sehingga kami terpaksa untuk melakukan pemadaman bergilir,” kata Deputi Manager Hukum dan Hubungan Masyarakat PLN Wilayah S2JB Lilik Hendro Purnomo, saat dihubungi, Senin (28/9).

Dijelaskannya, pasokan air sangat dibutuhkan untuk PLTA sebagai penggerak turbin, jika pasokan air sedikit otomatis turbin penggerak pun tidak dapat bekerja sehingga PLTA tersebut tidak dapat menghasilkan listrik. Akibat terhentinya operasional PLTA pihaknya kehilangan daya hampir 45 persen.

Baca Juga :   Harnojoyo Audiensi dengan Forum CSR Kesos dan IPPWI

“Kebanyakan PLTA seperti di PLTA Peusangan, PLTA Curup, PLTA Bengkulu, ini menghasilkan listrik yang besar sehingga sangat berpengaruh terhadap listrik di Sumsel,” terangnya.

Pemadaman bergilir ini, sambung Lilik, terjadi tak hanya di Sumsel tetap juga terjadi di seluruh Sumatera. Untuk waktu pemadaman sendiri, dirinya mengaku tidak terlalu pasti, karena jika memang debit air naik, dan turbin kembali pulih maka listrik dapat dialirkan kepada masyarakat.

“Misalnya, waktu pemadaman dilakukan pada pukul 18.00 WIB sampai 23.00 WIB, tapi terkadang tidak sampai pukul 23.00 WIB, karena jika memang listrik sudah cukup pasokan untuk dialiri kami langsung mengalirinya,” tandasnya. (wik)

Baca Juga :   Atasi Banjir, Harnojoyo Buat Kanal Sungai 1 Km
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : awik obsesi

Avatar

Lihat Juga

Libur Panjang Picu Kenaikan COVID-19 Jika Masyarakat Tak Disiplin

Banjarmasin, KoranSN Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan COVID-19 Hidayatullah Muttaqin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.