Home / Politik dan Pemerintahan / Kemelut Internal Jadi Faktor Kekalahan PAN di Pilkada Serentak

Kemelut Internal Jadi Faktor Kekalahan PAN di Pilkada Serentak

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Rusdi Tahar.
Rusdi Tahar.

Palembang, SN

Ketua DPD PAN Ogan Ilir (OI) Rusdi Tahar menyatakan, kemelut di internal Partai Amanat Nasional (PAN) Sumsel jadi faktor utama kekalahan partai dalam pilkada serentak, 9 Desember lalu.

Sebagaimana diketahui, kemelut PAN Sumsel berawal dari pencopotan dan pemecatan sejumlah kader dari jabatannya. Diantaranya, H Pahri Azhari (Ketua DPD PAN Muba), Ganef Asmara NL (Ketua DPD PAN Muaraenim), dan Sambas (Ketua DPD PAN Lubuklinggau).

Tidak sampai disitu, kemelut PAN berlanjut pada pemilihan ketua DPW PAN Sumsel. Empat formatur yang ditunjuk, yakni Iskandar, Mardiyansah, Niko Fransisco, dan Supadmi Kohar tidak mencapai kesepakatan, terkait siapa yang dipercaya untuk memimpin PAN Sumsel.

“Permasalahan ini berdampak langsung pada hasil pilkada serentak. Hal ini dibuktikan dengan hampir sebagian besar kader atau calon yang diusung PAN, kalah. Seperti di Pilkada OI, OKU dan OKU Selatan,” ungkap Tahar, Selasa (12/1).

Menurutnya, akibat dari tidak tuntasnya permasalahan tersebut, partai menjadi tidak solid.

Namun saat ini kata Tahar, formatur DPD PAN Sumsel sudah terbentuk, dengan formasi Iskandar, SE sebagai Ketua DPW PAN Sumsel, kemudian Sekretaris diisi oleh Umar H Alim, Wakil Ketua Bidang Pembinaan, Organisasi dan Keanggotaan (POK) ditempati oleh Mardiyansah, Wakil Ketua Bidang Pengkaderan Supadmi Kohar dan Wakil Ketua bidang Bappilu ditempati oleh Niko Fransisco.

“Dengan terbentuknya formatur ini, kader PAN dapat fokus untuk membesarkan partai dan memenangkan pilkada serentak yang akan digelar 2017 mendatang,” ungkapnya.

Dikatakan Tahar, setelah terbentuk, selanjutnya formatur DPW PAN Sumsel bersama unsur lainnya bertugas untuk membentuk kepengurusan baru.

“Harapan kita, setelah ini terbentuk, tidak ada lagi faksi-faksi. Semua bersatu untuk membesarkan PAN,” tuntasnya. (awj)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Anton Wijaya

Anton Wijaya

Lihat Juga

DPRD Sumsel Kirim SK HDMY ke Mendagri

Palembang, KoranSN DPRD Provinsi Sumsel menggelar Rapat Paripurna Istimewa XXIV DPRD Provinsi Sumsel dengan agenda ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!