Senin , Oktober 22 2018
Home / Kota Musi / Kemenag Sumsel Himbau Jamaah Abu Tours Lapor Polisi

Kemenag Sumsel Himbau Jamaah Abu Tours Lapor Polisi

 Saefudin. (foto-dok/anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Kementrian Agama (Kemenag) Sumsel menghimbau jamaah umroh Abu Tours and Travel, untuk melaporkan managemen Abu Tours ke kepolisian, menyusul tidak ditepatinya janji agen travel haji dan umroh tersebut merilis jadwal keberangkatan jamaah umroh pada 8 Februari, kemarin.

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Alfajri Zabidi melalui Kasubag Inmas Kanwil Kemenag Sumsel Saefudin mengatakan, pihaknya sangat kecewa terhadap managemen Abu Tours yang ingkar janji soal rencana merealease jadwal keberangkatan jamaah umroh.

“Kemenag kecewa karena Abu Tours tidak menepati janji yang telah disampaikan didepan Kakanwil. Mereka berjanji jika tanggal 8 Februari akan mengeluarkan release, namun tidak ditepati,” kata Saefudin, Kamis (8/2/2018).

“Kepada jamaah yang merasa dirugikan, silahkan melapor ke pihak kepolisian,” tambah.

Ia mengaku, sudah mencoba menghubungi pihak Abu Tours yang ada di Palembang, termasuk perwakilan Abu Tours dari Makassar, tetapi semua nomor handphone yang dihubungi tidak atif.

“Semua nomor kontak pihak Abu Tours, Pak Akbar dan pak Ridwan, selaku penanggung jawab di Palembang tidak aktif,” tukasnya.

Baca Juga :   Satgas Pangan Bidik Tengkulak Nakal di Pasar Tradisional

Saefudin mengatakan, Kemenag Sumsel siap melakukan pendampingan dan posko layanan terkait permasalahan Abu Tours ini.

“Kemarin Kanwil Kemenag juga didatangi para pengacara Sumsel yang siap mendampingi jamaah atas kasus Abu Tours ini, dan kita juga insyaAllah akan mendatangi kantor Abu Tours untuk terus memperjuangkan jamaah agar tetap berangkat,” pungkas Saefudin.

Sebelumnya, Kepala Kemenag Sumsel, H.M. Alfajri Zabidi mengingatkan masyarakat Sumsel untuk tidak mudah mempercayai biaya umroh dengan harga murah, mengingat banyaknya penipuan berkedok travel umroh dengan harga dibawah standar.

Pernyataan ini tidak terlepas dari penundaan keberangkatan 1660 jamaah umroh Abu Tours asal Palembang. Rencananya, 1660 jamaah itu mulai diberangkatkan pada Januari lalu, namun ditunda hingga rencananya Februari ini. Total ada 7523 jamaah umroh asal Sumsel yang mendaftar di Abu Tours.

“Ini jadi pelajaran bagi warga Sumsel, yang biaya murah itu belum pasti berangkat. Kedepan, kita akan sempurnakan standar biaya minimal perjalanan umroh sebesar Rp 20 juta,” kata Alfajri.

Baca Juga :   Alex Noerdin Kini Punya 4 Cucu

Sementara itu, perwakilan Abu Tours dari kantor pusat Makassar, Andi Akbar Asban memastikan, Abu Tours akan bertanggung jawab dengan penundaan keberangkatan ini. Ia memastikan semua jamaah akan diberangkatkan.

“Jadi bukan pembatalan, tapi hanya reschedule (ditunda). Untuk keberangkatan dari Januari diundur ke Februari, nanti akan kita rilis jadwal keberangkatan dan semua yang terkait pada tanggal 8 Januari,” ungkap Andi Akbar.

Ia mengatakan, dalam rilis itu, akan ada keterangan detail, baik soal jadwal pemberangkatan, ada juga penambahan biaya pemberangkatan, termasuk bagi jamaah yang ingin membatalkan keberangkatan, akan ada pengaturan refund (pengembalian dana).

“Pasti akan ada penambahan dana, tapi jumlahnya kita belum tahu, nanti tanggal 8 semuanya akan kita tuangkan di memo, termasuk bagi jamaah yang meminta refund,” ungkap Akbar.

Ia memastikan, keberangkatan jamaah umroh akan dilakukan secara bertahap mulai tanggal 10 Januari hingga bulan Ramadhan nanti (Juni). (awj)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Selamatkan Sriwijaya FC, Herman Deru Bentuk 2 Tim

Palembang, KoranSN Gubernur Sumsel Herman Deru mengambil langkah konkrit menyelamatkan klub kebanggaan Wong Kito, Sriwijaya ...

error: Content is protected !!