Home / Wisata / Kementerian Desa Targetkan 2020 Ada 10 Ribu Desa Wisata

Kementerian Desa Targetkan 2020 Ada 10 Ribu Desa Wisata

Foto udara desa wisata bahari Soropia yang dikembangankan oleh pemerintah desa dan warga Desa Soropia di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. (Foto-Antaranes)

Jakarta, KoranSN

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menargetkan jumlah desa wisata yang sekarang 7.275 atau 9,71 persen dari seluruh desa di Indonesia bisa bertambah menjadi 10 ribu pada 2020

“Kami menargetkan 10 ribu desa wisata, karena dari pengalaman selama empat tahun adanya dana desa, ternyata desa wisata mampu memberikan pendapatan yang besar,” kata Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Baca Juga :   Wisata Pelancu Lahat Wakili Sumsel Dalam Program Inovasi Desa Tingkat Nasional

Dia mengatakan desa-desa wisata bisa mandiri secara finansial dengan dengan mengelola dana desa. Bahkan banyak desa wisata yang pendapatan pajaknya lebih besar ketimbang dana desa yang mereka terima.

Guna mendorong desa-desa lain menjadi desa wisata, pemerintah mempertemukan para pemangku kepentingan terkait pengembangan desa wisata, mulai dari kepala daerah, perwakilan perusahaan swasta dan badan usaha milik negara, sampai kepala desa.

“Ini dimaksudkan agar para kepala desa bisa menggunakan dana desa sebagai stimulus dalam pembangunan desa, sehingga desa bisa mandiri secara finansial,” kata dia.

Baca Juga :   Surga yang Tersimpan di Bumi Seribu Megalit

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi memberikan pendampingan kepada desa-desa yang belum memiliki visi membangun desa wisata.

Eko mengatakan, bahwa cara membangun desa wisata sebenarnya sederhana, desa hanya perlu menggali potensi wilayahnya untuk menghadirkan daya tarik bagi wisatawan.

“Misalnya salah satu desa di Gorontalo, padahal kalau dilihat di sana tidak ada akses, tapi mereka menjadikan itu daya tarik. Sehingga para wisatawan yang ingin datang ke desa tersebut harus melakukan petualangan dengan naik mobil off-road,” kata dia. (Antara/ded)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Enam Peneliti Jepang Teliti Bilik Batu Desa Kota Raya Lembak Kecamatan Pajar Bulan

ENAM orang peneliti dari Jepang, peneliti dari Pusat Arkeologi Pusat Jakarta, peneliti dari Balai Arkeologi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.