Selasa , Oktober 23 2018
Home / Kota Musi / Kementrian Koperasi Pinjamkan Dana untuk UKM dan Koperasi

Kementrian Koperasi Pinjamkan Dana untuk UKM dan Koperasi

LPDB-KUMKM– Walikota Palembang Harnojoyo memukul gong sebagai tanda dibukanya Walk in Assesment-Bimbingan Teknis, Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB-KUMKM), yang bertempat di Ballrom Hotel Horison Ultima Palembang, Kamis (18/5/2017). (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Kabar gembira bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi di Kota Palembang, melalui program Lembaga Peminjaman Dana Bergilir (LPDB) dari Kementrian Koperasi memberikan pinjaman dana melalui Dinas Koperasi yang ada di Palembang, baik Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) maupun Dinas Koperasi Kota Palembang.

Berapa pun pinjaman dana bisa dicairkan asal proposal yang diajukan lengkap dengan bunga pengembalian hanya enam persen per tahun dengan batas waktu pengembalian lima tahun.

Hal ini disampaikan oleh Direktur LPDB KUMKM kementrian Koperasi Ir Kms Daniel, ditemui usai acara Walk in Assesment – Bimbingan Teknis LPDB-KUMKM, bertempat di Ballrom Hotel Horison Ultima Jalan Jendral Sudirman Palembang, Kamis (18/5/2017).

Ia mengatakan, persyaratan pelaku usaha untuk mendapatkan bantuan dana tersebut, yakni dengan mengirimkan proposal ke LPDB atau melalui dinas Koperasi Provinsi Sumsel dan Dinas Koperasi Kota Palembang.

“Proposalnya harus memenuhi ketentuan, pertama berbadan usaha dan hukum minimal dua tahun, kedua legalitas usaha. Proposal ini bisa disampaikan dengan datang langsung, dikirim via pos, atau bisa lewat dinas koperasi dan UKM yang ada di Kota Palembang,” jelas Daniel.

Ia menjelaskan, penyerapan dana LPDB UMKM secara nasional pada tahun lalu sebanyak Rp 1.2 triliun, yang mana diantara dana itu paling banyak diserbu oleh pulau Jawa, sedangkan untuk provinsi Sumsel hanya terserap Rp 30 miliar.

Baca Juga :   Iptu Jailili Jabat Pjs Kasat Polair Banyuasin

Dana bergulir itu disalurkan secara langsung ke UKM atau melalui perbankan/lembaga keuangan bukan bank ke UKM, UKM strategis, dan koperasi simpan pinjam jasa keuangan syariah. UKM yang dikategorikan strategis adalah yang berorientasi ekspor, komoditi unggulan daerah, dan menyerap tenaga kerja.

“UKM yang ada di Palembang sangat berpotensi, tapi sayangnya kenapa mereka ini sulit sekali meminjam ke kita. Padahal program kami sudah berdiri sejak sembilan tahun lau. Untuk Palembang masih kecil sekali penyerapanannya,” ungkapnya.

Ditambahkan Daniel, pihaknya menantang dinas koperasi yang ada di kota palembang berapapun membutuhkan dana untuk menyerab dana pinjaman silahkan ajukan proposal ke LPDB KUMKM Kementrian Koperasi agar bisa membantu perkembangan UKM di Kota Palembang.

“Silahkan para pelaku usaha agar bisa memanfaatkan betul dana tersebut melalui dinas terkait untuk meminjam berapapun jumlah dana yang dibutuhkan,” ujarnya.

Sementara, Walikota Palembang, H Harnojoyo mengatakan, dengan adanya bantuan dari LPDB Terkait dengan permodalan koperasi dan UKM di Sumsel bunganya hanya enam persen, jadi jangan sampai UKM yang ada di Palembang kekurangan modal.

Baca Juga :   Soal Cawawako, Golkar Sudah Beri Arahan, Demokrat Pilih yang Terbaik

“Mari para pelaku usaha untuk berkordinasi dengan kepala dinas terkait demi kemajuan usaha agar meminjam dana melalui dinas koperasi khususnya Kota Palembang untuk menyambut Asian Games tahun 2018 mendatang,” ungkapnya.

Masih kata Harnojoyo, UKM yang ada di Palembang juga bisa meminjam kepada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) karena pada tanggal 21 Mei mendatang menggelar acara secara nasional dan akan memberikan pinjaman kepada UKM tanpa bunga.

“Kita tadi juga sudah ditantang oleh kementrian koperasi berapa pun ingin meminjam dana bisa dicairkan melalui dinas koperasi, kedepan kita anjurkan setiap kelurahan memiliki koperasi dan akan terus ditingkatkan, jadi mari manfaatkan dengan baik dana tersebut,” katanya.

Tempat yang sama Kepala Dinas Koperasi Kota Palembang, Hardayani mengatakan, pihaknya hanya mengadakan pelatihan terhadap koperasi dan UKM agar mengerti mengenai pinjaman melalui LPDB, juga bisa melalui pinjaman melalui BPR.

“Koperasi yang ada di Kota Palembang berjumlah 1060 koperasi dan yang aktif binaan 350 termasuk UMKM. Koperasi boleh meminjam sampai Rp 12 miliar, kalau UKM bisa meminjam sampai Rp 6 miliar,” tandasnya. (rgn)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Gubernur, Wagub dan Kapolda Sumsel Ikut Jalan Sehat Bersama Ribuan Warga Palembang (FOTO)

Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Herman Deru – Mawardi Yahya, kapolda Sumsel Zulkarnain Adinegara ikut ...

error: Content is protected !!