Kepala Dinas PUBM Banyuasin Kembali Diperiksa KPK

dfgdfg
Yuyuk Andriati. (foto-net)

Palembang, KoranSN

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) Banyuasin, Ir Abi Hasan MP MT, Rabu (2/11/2016) kembali diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjadi saksi Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian. Demikian dikatakan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati.

Menurut Yuyuk, dalam pemeriksaan saksi yang dilakukan di Gedung KPK Jakarta, penyidik juga memeriksa PNS di Dinas PU Bina Marga Banyuasin, Reza Irdiansyah dan Staf Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Banyuasin, Maman.

“Hari ini ada tiga saksi yang diperiksa, mereka yakni Kepala Dinas PU Bina Marga Banyuasin, Ir Abi Hasan MP MT, PNS di PU Bina Marga Banyuasin, Reza Irdiansyah dan Staf Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Banyuasin, Maman. Ketiganya diperiksa menjadi saksi Yan Anton Ferdian, tersangka kasus dugaan suap proses perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan proyek pengadaan barang dan jasa di dinas pendidikan dan dinas-dinas lainnya di lingkungan Pemkab Banyuasin,” tutup Yuyuk.

Diketahui, pemeriksaan terhadap Kepala Dinas PUBM Banyuasin, Ir Abi Hasan MP MT bukanlah yang pertema. Sebab sebelumnya, 18 Oktober 2016 Abi Hasan juga pernah diperiksa penyidik KPK di Gedung KPK Jakarta. Selain itu Rabu 28 September 2016, Abi Hasan bersama Wakil Bupati Banyuasin, SA Supriono, Asisten Ekonomi Pembangunan Desa dan Kesra Banyuasin, Rislani A Gafar, Kepala DPPKAD Banyuasin, Bambang Wirawan juga telah diperiksa penyidik KPK, yang ketika itu pemeriksaanya dilakukan KPK di Mapolda Sumsel.

Baca Juga :   Korupsi Banyuasin Akibat Sistem Pengawasan yang Rendah

Bukan hanya itu, untuk mengusut dugaan kasus ini sejumlah kepala dinas di Pemkab Banyuasin sebelumnya juga telah diperiksa KPK, diantaranya; Kepala Dinas PU Cipta Karya Banyuasin, Noor Yosept Zaath yang diperiksa Rabu 5 Oktober 2016. Kemudian, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Banyuasin, Ria Apriani yang diperiksa KPK, Kamis 13 Oktober 2016 serta Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin, Dr H Masagus M Hakim yang telah diperiksa penyidik KPK Selasa 18 Oktober 2016. Selain itu, Ketua DPRD Banyuasin, Agus Salam juga telah menjalani pemeriksaan sebagai saksi, Jumat 28 Oktober 2016.

Sementara pantauan SN, Rabu (2/11/2016) tampak sejumlah kepala dinas dan pejabat Pemkab Banyuasin tidak berada di kantornya. Seperti, Kepala Dinas PUBM Banyuasin, Ir Abi Hasan MP MT dan Sekretarisnya hari ini keduanya tidak tampak berada di kantornya.

Selain itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Banyuasin, Ria Apriani juga tidak trlihat di kantornya. Hal ini dikarenakan, kepala dinas bersama Sekretaris Dinas sedang melakukan kegiatan PKK di Kecamatan Betung.

Di tempat lainnya, Sekda Pemkab Banyuasin, Ir Firmansyah juga tak terlihat di kantornya. Menurut seorang stafnya, jika Sekda hari ini tidak masuk kerja.

Baca Juga :   Bupati Banyuasin H. Askolani Santuni Anak Yatim Piatu

“Kalau kemarin ada seperti biasanya masuk kerja dan pulang sore. Besok saja, kalau ketemu Sekda hari Kamis,” terang Nurdin staf sekda.

Sekedar informasi, Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian, Minggu 4 September 2016 tertangkap KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di rumah dinas Bupati Banyuasin. Dalam OTT tersebut KPK juga mengamankan barang bukti uang Rp 299,8 juta dan uang Dolar Amerika senilai 11.200 USD.

Usai dilakukan OTT, KPK menetapkan Bupati Yan Anton Ferdian sebagai tersangka. Selain Yan Anton, dalam perkara ini KPK juga telah menetapkan lima tersangka lainnya, mereka yakni; ‘UU’ (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin), ‘STY’ (Kasi Pembangunan Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Bidang Program dan Pembangunan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin), ‘RUS’ (Kasubag Rumah Tangga Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuasin), ‘ZM’ (Direktur CV PP) serta ‘K’ (pihak swasta). (ded/sir)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

Polda Riau Dalam Dua Pekan Sita 36 Kg Sabu-sabu

Pekanbaru, KoranSN Kepolisian Daerah (Polda) Riau dalam dua pekan terakhir telah menyita Narkoba jenis sabu-sabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.