Home / Lacak / Keponakan dan Paman Terlibat Aksi Bobol Rumah

Keponakan dan Paman Terlibat Aksi Bobol Rumah

DIAMANKAN – Mulyadi, Oki Alexender dan Sunarto, tiga tersangka bobol rumah saat diamankan di Polda Sumsel. (foto-dedi/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Aparat kepolisian Subdit III Ditreskrimum Polda Sumsel, meringkus tiga tersangka bobol rumah kosong yang tersangkanya merupakan dua keponakan dan paman.

Para tersangka tersebut yakni, Mulyadi (34), warga Jalan Macan Kumbang IV Demang Lebar Daun dan Oki Alexender (22), warga Jalan Pribadi I Kelurahan Siring Agung Palembang. Sementara satu tersangka lainnya, Sunarto (47), warga Jalan Sungai Betung Kelurahan Siring Agung Palembang merupakan paman dari tersangka Mulyadi dan Oki Alexender.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sumsel, Kombes Pol Prasetijo Utomo, Minggu (22/1/2017) mengatakan, ketiga tersangka merupakan kelompok bobol rumah kosong yang berhasil ditangkap anggotanya setelah menindaklanjuti laporan korban, M Rian Ardiansyah (36), pemilik rumah yang berada di Jalan Letnan Murod Lorong Cendana Kelurahan 20 IlirĀ  D-IV Kecamatan IT I Palembang, yang menjadi sasaran pencurian para tersangka.

“Para tersangka ini melancarkan aksinya, Minggu 15 Januari 2017 pukul 19.00 WIB. Ketika itu, rumah korban sedang kosong ditinggalkan pergi pemiliknya, kemudian datang tersangka malakukan aksi pencurian dengan merusak pintu depan rumah korban. Setelah itu, tersangka masuk ke dalam rumah lalu mencuri satu unit sepeda motor milik korban. Usai melancarkan aksinya, tersangka kabur meninggalkan lokasi kejadian. Namun, belum sempat mereka menjualkan sepeda motor hasil curian, ketiga tersangka berhasil kita tangkap,” jelasnya saat gelar tersangka dan barang bukti.

Baca Juga :   Lerai Adik Berkelahi, Melly Dikeroyok 1 Keluarga

Masih dikatakan Prasetijo, dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan penyidik. Ketiga tersangka mengaku baru satu kali melakukan aksi pencurian tersebut. Meskipun demikian, pihaknya masih terus melakukan pengembangan untuk mengetahui apakah ketiga tersangka pernah terlibat aksi kejahatan lainnya.

“Jadi saat ini kita masih mengembangkan kasusnya. Sebab dari aksinya, tersangka ini bisa masuk ke dalam rumah hanya cukup menggunakan obeng saja untuk merusak kunci rumah. Dari itulah kita menduga jika ketiga tersangka ini sudah menjadi spesialis komplotan bobol rumah. Dari itulah kasus ini masih kita kembangkan untuk ngkap dugaan kasus lainnya,” tegasnya.

Lanjut Prasetijo, selain mengamankan ketiga tersangka. Dalam kasus ini polisi juga mengamankan dua unit sepeda motor terdiri dari, sepeda motor milik tersangka yang digunakan untuk beraksi dan sepeda motor milik korban. Selain itu, polisi juga mengamankan dua obeng yang digunakan tersangka untuk merusak kunci pintu rumah korban.

Baca Juga :   Polisi Bersenjata Lengkap Sisir Persembunyian Pelaku Begal

“Atas ulahnya, ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP,” tutupnya.

Sementara tersangka Mulyadi mengatakan, saat melakukan aksi pencurian dilakukanya bersama Oki Alexender. Setiba di rumah korban, dirinya merusak pintu rumah depan lalu masuk kedalam rumah.

“Saat di dalam rumah, saya melihat sepeda motor korban. Bahkan kunci kontaknya masih tertancap. Dari itulah saya dan
Oki Alexender membawa sepeda motor itu. Setelah itu, motornya kami serahkan kepada paman kami, Sunarto,” jelasnya.

Senada dikatakan tersangka Oki Alexender, dalam aksi tersebut hanya ia dan Mulyadi yang melakukan pencurian di rumah korban. “Mulyadi yang masuk ke dalam rumah, kalau saya hanya menunggu di luar mengamati situasi disekitaran,” ucapnya singkat.

Sedangkan tersangka Sunarto mengutarakan, jika Mulyadi dan Oki Alexender memang merupakan keponakannya.

“Mereka berdua ini keponakan saya. Saya ditangkap polisi, karena sepeda motor yang dicuri mereka dititipkan kepada saya. Baru kali inilah saya menerima berang dari kedua keponakan saya ini. Bahkan saya tidak tahu jika sepeda motor itu merupakan hasil curian,” pungkasnya. (ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Mobil Terbakar dan Meledak di Tol Palindra

Indralaya, KoranSN Sebuah mobil jenis minibus meledak dan terbakar di Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) Km19, …