Kesadaran Ikut Tax Amnesti PNS Masih Minim

Wakil Walikota Palembang bersama Kakanwil DJP Sumsel Babel M. Ismiransyah usai penandatanganan kesepakatn bersama, sosialisasi dan perencanaan Aparat Penggerak Amnesti Pajak Kota Palemban. (Foto-Rika/Koransn)
Wakil Walikota Palembang bersama Kakanwil DJP Sumsel Babel M. Ismiransyah usai penandatanganan kesepakatn bersama, sosialisasi dan perencanaan Aparat Penggerak Amnesti Pajak Kota Palemban. (Foto-Rika/Koransn)

Palembang, KoranSN

Kesadaran dalam mensupport program Tax Amnesty Pajak dikalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dinilai masih minim. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Dirjen Pajak Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bangka Belitung (Babel), Muhammad Ismiransyah M Zain, saat melakukan sosialisasi Tax Amnesti Pajak di ruang rapat parameswara Kantor Setda Palembang, Selasa, (08/11/2016).

“Dari total 239 jumlah pejabat esellon di lingkungan Pemprov Sumsel, hingga saat ini baru 17 orang yang melaporkan harta kekayaannya. Arahan mengenai Tax Amnesti yang kami sampaikan hari ini (kemarin) diharapkan kepada para pejabat dan PNS dapat melaporkan kekayaannya. Kami percaya akan ada kesadaran dari pejabat dan masyarakat untuk melakukan tau amnesti pajak, ” ungkapnya.

Pada periode kedua ini, pihaknya ingin kembali mengajak para Wajib Pajak (WP) untuk berperan aktif dalam program Tax Amnesty yang telah dilaksanakan selama beberapa bulan lalu ini, untuk melaporkan harta kekayaannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Disinilah wadahnya, bagi kita yang belum melaporkan dapat segera melaporkan. Karena Tax Amnesty ini sangat menguntungkan, walaupun tarif tebusan periode ini hanya 3 persen,” katanya.

Baca Juga :   Mahasiswi dan Muslimah Sumsel Tolak Perppu Ormas

Ismiransyah mengakui, saat ini pencapaian Program Tax Amnesty untuk wilayah Sumsel Babel baru 59 persen, yang berhasil di bukukan di 13 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) diwilayah tersebut.

“Berdasarkan arahan Menteri Keuangan, saat ini masih banyak peluang yang bisa digarap untuk memaksimalkan Tax Amnesty. Seperti, pengusaha, UMKM, jasa profesi termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) atau yang lebih dikenal PNS,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia menerangkan, saat ini telah terjadi penurunan terhadap keikutsertaan Tax Amnesty, karena memang untuk yang besar-besar sudah melaporkan diri pada tahap pertama. Jadi pada tahap kedua ini kita berharap pencapaiannya bisa sesuai keinginan.

“Untuk tahap pertama, program Tax Amnesty yang diselenggarakan berhasil membukukan tebusan sebesar Rp 89 triliun atau sekitar 53,93 persen dari target Rp 165 triliun, kita harapkan akan tercapai pada akhir Maret 2017 nanti. Jadi kita berharap semuanya dapat berjalan dengan lancar, karena memang ini merupakan peluang untuk mewujudkan pembangunan kedepan,” tandasnya.

Baca Juga :   Ratusan Mahasiswa Minta DPRD Sumsel Bantu Selesaikan Masalah UNSRI

Sementara itu, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda menyampaikan, Tax Amnesty adalah program yang menguntungkan, akan rugi kalau tidak dimanfaatkan selaku wajib pajak. Karena disini juga, dapat mengungkap kewajiban harta dan membayar tebusan, demi membaiknya pertumbuhan ekonomi.

“Pengampunan pajak merupakan program pemerintah, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan WP untuk bayar pajak dgn waktu tertentu tanpa dikenakan sangsi karena ketaatan,” katanya.

Selain itu, menurutnya, Tax Amnesty berkorelasi terhadap pembangunan Kota Palembang. Itulah kenapa perlu kesadaran juga dari seluruh element masyarakat termasuk kesadaran dari pejabat untuk melaporkan kekayaannya.

“Disini kami juga akan membantu DJP untuk mendorong pengusaha yang belum bayar dan memanfaatkan program, agar kedepan tidak susah. Harus diketahui banyak kemudahan yang bisa dimanfaatkan,” imbuhnya. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Satgas COVID-19 Sumsel Imbau Tidak Bawa Nenek Saat Libur Cuti

Palembang, KoranSN Satuan tugas COVID-19 Provinsi Sumatera Selatan mengimbau kelompok keluarga tidak membawa nenek atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.