Kesalahan Umum yang Dilakukan Saat Olahraga Jalan

Ilustrasi olahraga jalan. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Berjalan adalah salah satu aktivitas fisik yang dapat menjaga kesehatan jika dilakukan secara teratur, tak heran banyak yang memilih kegiatan ini daripada olahraga lainnya.

Meski dapat dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan alat pendukung olahraga, ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang sehingga membuat jalan kaki menjadi kurang efektif dan menyenangkan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang berjalan menurut Indian Express, Senin.

Beda jalan santai dan jalan bugar

Hal pertama adalah Anda harus bisa membedakan antara berjalan santai dengan berjalan untuk kebugaran. Berjalan santai sifatnya hanya untuk aktivitas rekreasi, sedangkan berjalan untuk kebugaran akan mendatangkan banyak manfaat.

Saat melakukan berjalan untuk kebugaran, tubuh akan merasakan darah mengalir dari kepala hingga ujung kaki.
Gunakan sepatu

Baca Juga :   Dokter: Undang-undang Melarang Penjualan Ginjal

Meski hanya berjalan, Anda tetap membutuhkan sepatu dan jangan menggunakan sandal jepit atau sandal. Sepatu akan memberikan bantalan yang baik dan melindungi kaki Anda dari cedera. Jika Anda sering berjalan untuk jarak yang jauh, Anda harus membeli sepatu yang bagus.

Jangan berjalan terlalu cepat

Meskipun jalan cepat adalah aktivitas fisik yang direkomendasikan oleh para ahli, berjalan terlalu cepat adalah hal yang dilarang. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi seperti olahraga dasar di pusat kebugaran, jalan kaki juga memiliki teknik tertentu.

Berjalanlah dengan cepat, tetapi hindari mengambil langkah panjang, karena dapat menyebabkan cedera kaki dan membuat Anda kehilangan keseimbangan juga. Jadi ambil langkah kecil sebagai gantinya.

Baca Juga :   Wapres Ma'ruf: Sertifikasi Halal Gratis Segera Direalisasikan

Hindari jalan lambat

Sama seperti berjalan cepat, berjalan lambat juga harus dihindari. Jangan sampai tertukar dengan jalan-jalan, berjalan lambat bisa membuat Anda kehilangan perspektif tentang tujuan Anda dalam hal kebugaran.
Istirahat

Para ahli mengatakan bahwa mengambil interval teratur saat berjalan, dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak dan meningkatkan tingkat kebugaran, dan stamina Anda. (antara/ima)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kayu Manis dan Lemon Bisa Jadi Antiseptik Alami

Jakarta, KoranSN Saat ini banyak cara yang dilakukan para orang tua guna mencegah menularnya virus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.