Home / Ekonomi / Kesigapan Pertamina Dinilai Perlancar Arus Mudik dan Balik Lebaran

Kesigapan Pertamina Dinilai Perlancar Arus Mudik dan Balik Lebaran

Petugas menyiapkan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax di Kios Siaga Pertamina di Tol Palindra Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir. (Foto-Antaranews)

Jakarta, KoranSN

Arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 dinilai sejumlah kalangan jauh lebih baik dan lancar dibandingkan tahun sebelumnya, salah satu faktornya adalah karena lancarnya pasokan bahan bakar minyak (BBM) Pertamina, yang didukung pelayanan yang baik pula.

Humas Grand Livina Club Indonesia (Gravinci) Fauzul di Jakarta, Selasa (11/6/2019) menyatakan secara umum pelayanan yang diberikan BUMN tersebut selama arus mudik dan arus balik sangat baik.

“Sangat memuaskan. Apalagi dengan penerapan pembayaran melalui aplikasi LinkAja,” kata Fauzul.

Dia mencontohkan, layanan Pertamina dari Jakarta melalui ruas tol Cipali sampai tol Probolinggo Timur (Leces) ataupun sebaliknya para petugas Pertamina sangat sigap melayani pemudik begitu pula pasokan BBM pun terjamin sehingga memperlancar perjalanan pemudik.

Tak hanya pasokan dan layanan BBM menurut dia, keberadaan Rumah Pertamina Siaga di sejumlah ruas tol trans Jawa sangat membantu bagi para pengendara baik saat arus mudik maupun balik.

Baca Juga :   BNI Siapkan Rp 1 Triliun

Peneliti Laboratorium Transportasi Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno, juga mengapresiasi layanan Pertamina selama arus mudik dan arus balik.

Dia mengatakan, keberadaan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di sejumlah ruas jalan tol memang seharusnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum bagi pengguna jalan tol, seperti diberikan Pertamina.

Dengan adanya fasilitas tersebut, baik bagi pengemudi, penumpang, maupun kendaraan dapat beristirahat untuk sementara.

“Keberadaaan layanan Pertamina memberikan rasa nyaman dan aman kepada para pemudik,” tegas Djoko melalui keterangan tertulis.

Keberadaan TIP sendiri diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10/PRT/M/2018 mengatur Tempat Istirahat dan Pelayanan Jalan Tol. Dimana ada tiga TIP, yaitu TIP Tipe A, TIP Tipe B dan TIP Tipe C.

“TIP tipe A harus dilengkapi dengan stasiun pengisian bahan bakar (SPBU). Selain dilengkapi berbagai layanan bagi para pengemudi, tipe A yang berada pada ruas jalan tol antar kota dapat dilengkapi fasilitas inap,” kata Djoko.

Baca Juga :   Beli Motor di Honda GPM Gratis Oli

Seperti diketahui, guna memperlancar arus mudik dan arus balik, Pertamina memang mengoptimalkan pasokan, termasuk memberikan berbagai layanan tambahan seprti layanan motor kemasan, kiosk Pertamina Siaga dan Rumah Pertamina Siaga.

Pertamina juga telah membentuk Satgas Ramadan dan Idul Fitri (Rafi) sejak 21 Mei untuk BBM yang bekerja 24 jam guna memastikan keamanan stok dan suplai BBM.

Rumah Pertamina Siaga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti, alat pijat, tempat solat, tempat bermain untuk anak, dan nursery room tempat ibu menyusui membuat pengalaman mudik lebih berkesan.

Selain pelayanan diatas, selama musim mudik lebaran ini Pertamina juga menyediakan SPBU Modular untuk memecah antrean pengisian BBM di SPBU Reguler. Produk yang disiapkan di SPBU Modular ini adalah Pertamax dan Dex.

Selain SPBU Modular, Pertamina juga menyiapkan layanan BBM tambahan berupa Kios Pertamina Siaga dan Motoris Pertamina Siaga yang siap mengantarkan BBM pada kondisi tertentu. (Antara/ded)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Dimsum 1O1 Harga Terjangkau

Palembang, KoranSN Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu, kembali The 1O1 Hotel Palembang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.