Home / Ekonomi / Ketua BPK RI Ajak Mahasiswa Unsri Hadapi Era Society 5.0

Ketua BPK RI Ajak Mahasiswa Unsri Hadapi Era Society 5.0

Ketua BKP RI Agung Firman MSi saat berbincang-bincang dengan civitas akademik Unsri, Rabu (6/11/2019). (Foto-Soimah/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Society 5.0 adalah sebuah konsep yang berfokus pada peran manusia sebagai sumber daya SDM dalam era digital 4.0. Karena itu mahasiswa sebagai generasi muda dituntut untuk siap menghadapi Era Society 5.0 sehingga mampu menangkap peluang dengan pesatnya dunia teknologi dan informasi. Hal tersebut dikatakan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Dr Agung Firman Sampurna SE MSi didampingi Rektor Unsri Prof Dr Anis Saggaff MSCF usai memberikan Keynote Speakers pada kegiatan Sriwijaya Economics, Accounting and Business Conference (SEABC) di Gedung Magister Managemen Unsri, Rabu (6/11/2019).

“Saya mengajak mahasiswa Unsri untuk siang menghadapi era society 5.0. Bagi yang tidak siap dengan tantangan revolusi Industri 4.0 maka akan tergusur dan akan munculnya generasi pengangguran besar-besaran,”tegasnya.

Baca Juga :   Paket Ulta Rp 120 Ribu di THE 1O1

Dijelaskannya, perkembangan Society 5.0 mengandalkan big data yang terbentuk dari sensor yang terhubung melalui internet of things (IoT) yang dianalisis menggunakan kecerdasan buatan sehingga nantinya akan mampu dimanfaatkan untuk mensejahterakan masyarakat.

Society 5.0 dikatakannya, menjadi perantara bagi ruang maya dan ruang fisik dimana segala kegiatan industri walaupun berbasis pada kecerdasan buatan tetapi tetap berfokus kepada manusia sebagai sebagai sumber daya. Society 5.0 merupakan jawaban atas berbagai tantangan yang timbul di era revolusi industri 4.0 dimana manusia sebagai pusat peradaban yang berbasis tekhnologi.

“Era society 5.0 ini akan menambahkan pekerjaan rumah yang cukup berat bagi Fakultas Ekonomi Unsri sebagai salah satu wadah untuk membekali sumber daya manusia terdidik dengan keterampilan yang tidak hanya meliputi keterampilan bertahan hidup tapi juga keterampilan berpikir kritis, konstruktif, dan inovatif,” kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unsri ini.

Baca Juga :   Telkomsel Resmikan Telkomsel Cyber Park

Sementara itu Rektor Unsri Prof Dr Anis Saggaff, MSCF mengatakan. dalam rangka menciptakan lulusan yang berkualitas dan siap masuk di era revolusi Industri 4.0, Unsri sudah melakukan berbagai terobosan.

“Unsri sudah meramu bahwa perkuliahan tidak boleh seperti dulu. Beberapa sistem perkualiahan sudah mulai menyesuaikan dengan perkualiahan online bersifat digital kerjasama akademik dan lainnya,” jelasnya.

Hadirnya dosen praktisi ditambahkannya, sudah dilakukan dan juga praktek lapangan sehingga mahasiswa menjadi lebih kenal langsung ke dunia lapangan kerja di era revolusi industri 4.0. (ima)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

IHSG Akhiri Pekan di Zona Merah

Jakarta, KoranSN Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) mengakhiri pekan di zona …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.