Home / Advetorial / Ketua DPRD Muba Tanggapi Pengaduan Penyelesaian Hak Plasma

Ketua DPRD Muba Tanggapi Pengaduan Penyelesaian Hak Plasma


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Ketua DPRD Muba Abusari saat menerima perwakilan masyarakat Desa Bailangu Kecamatan Sekayu. (foto-sumantri/koransn.com)

RAPAT audiensi yang dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Musi Banyuasin (Muba), Abusari, SH M.Si dilaksanakan di ruang rapat Badan Musyawarah DPRD Muba, Senin (14/1) siang. Rapat ini menanggapi pengaduan dari Satoto Waliun Cs mengenai penyelesaian hak atas kebun plasma PT. Inti Agro Makmur pada izin lokasi di Desa Bailangu Kecamatan Sekayu.

“Kami hanya minta hak plasma itu di bagikan kepada kami dan kejelasan di mana tempat lahan plasma seluas 1.700 hektare itu, kalau lahan plasma seluas 1.700 Ha termasuk di dalam lahan plasma seluas 2.300 hektare, maka di mana sisa lahan seluas 600 Ha. Kami punya bukti data dan nama pemilik lahan plasma, kalau tidak ada penyelesaian maka kami akan mempidana lahan plasma seluas 1700 hektare tersebut. Harapannya pihak PT. Inti Agro Makmur bisa menunjukkan legalitas dan surat izin usaha,” ungkap perwakilan masyarakat Desa Bailangu Kecamatan Sekayu, Satoto Waliun.

Baca Juga :   Lima Pansus DPRD Sumsel Laporkan Hasil Pembahasan dan Penelitian

Ia mengatakan, berdasarkan Perdes tahun 2009 bahwa semua desa mendapatkan hak lahan plasma tanpa terkecuali, namun tidak bisa dibagikan kepada masyarakat, hanya bisa dibagikan berupa uang karena lahan plasma tersebut dalam bentuk pasif bukan aktif. Setiap KK mendapatkan lahan plasma seluas 2 Ha.

Sementara Ketua DPRD Muba Abusari mengatakan, sehubungan dengan tuntutan hak atas plasma PT. Inti Agro Makmur dari warga desa yang tidak mampu, warga Desa Bailangu dan Desa Bailangu Timur yang tergabung dalam kelompok Satoto Waliun Cs maka DPRD Kabupaten Muba meminta kepada Bupati Muba untuk segera menerbitkan SK kepesertaan plasma di PT. Inti Agro Makmur dan diutamakan yang mendapat kebun plasma masyarakat yang benar-benar tidak mampu/miskin atau di bagi rata kepada setiap KK melalui KUD di desa untuk pembangunan Desa dan hak status kepemilikan di status quo-kan.

Baca Juga :   Walikota Prabumulih dan Jajarannya Tanam Pohon Sekaligus Tabur Benih Ikan di Danau Bujok’an

“Kepada Kapolres Kabupaten Muba untuk melakukan penyelidikan terhadap permasalahan lahan plasma desa seluas 1.700 hektare di PT. Inti Agro Makmur,” pungkasnya. (tri/adv)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Festival Anak Yatim dan Dhuafa di Muara Enim Berlangsung Semarak dan Meriah

PELAKSANAAN Festival Anak Yatim dan Dhuafa yang digelar Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang dipusatkan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.