Ketua KPK Ingatkan Banyak Kasus Korupsi Terungkap di Tahun Politik

Ketua KPK Firli Bahuri. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mengingatkan banyak kasus tindak pidana korupsi terungkap pada saat tahun politik.

“Kasus korupsi itu terjadi terbanyak terungkap oleh KPK di saat tahun politik, 2015, 2017, dan 2018,” ucap Firli saat Webinar Nasional Pilkada Beintegritas 2020 yang disiarkan melalui Youtube KPK, Selasa (20/10/2020).

Bahkan pada 2018, lanjut Firli, KPK telah menangkap 30 kepala daerah yang terjerat kasus korupsi.

“Bahkan 2018 itu tertinggi kasus korupsi yang tertangkap saya harus katakan itu, kasus korupsi tertinggi yang tertangkap karena bisa saja banyak belum tertangkap. Setidaknya 30 kali tertangkap kepala daerah,” ungkap Firli.

Baca Juga :   Kapolda: Saya Tidak Main-Main Usut Kasus Pengrusakan Kursi Stadion GSJ Palembang

Soal pelaksanaan Pilkada, ia pun mengungkapkan masalah pendanaan Pilkada, yakni adanya kesenjangan (gap) antara biaya Pilkada dengan kemampuan harta pasangan calon kepala daerah. Artinya, total harta pasangan calon kepala daerah tidak mencukupi biaya pilkada.

“Dari hasil penelitian kita bahwa ada gap antara biaya pilkada dengan kemampuan harta calon bahkan dari LHKPN itu minus. Jadi, total hartanya cuma rata-rata Rp18 miliar bahkan ada tidak sampai Rp18 miliar. Jadi, jauh sekali dari biaya yang dibutuhkan saat pilkada,” kata Firli. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Pembunuh Sri Ekawati Diringkus Sebelum Kabur ke Lampung

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

KPK Panggil Dua Kadis Pemkab Indramayu Saksi Tersangka ARM

Jakarta, KoranSN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (27/11/2020) memanggil dua kepala dinas (kadis) Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.