Senin , Desember 17 2018
Home / Kota Musi / Ketua KPU Palembang dan Empat Lawang Diberhentikan Dari Jabatan

Ketua KPU Palembang dan Empat Lawang Diberhentikan Dari Jabatan

Suasana rapat DKPP periksa ketua KPU. (foto-istimewa)

Palembang, KoranSN

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemihan Umum (DKPP), Rabu (8/8/2018) secara tegas memberikan sanksi dan peringatan keras serta pemberhentian tetap kepada Syarifudin dari jabatanya sebagai Ketua KPU Palembang.

Pemberian sanksi dan peringatan keras tersebut tertuang dalam putusan Nomor 118/DKPP-PKE-VII/2018 seperti yang ada di dalam situs resmi dkpp.go.id.

Di surat keputusan itu, DKPP mengabulkan pengaduan pengadu dengan memberikan sanksi tegas dan pemberhentian tetap kepada saudara Syarifudin sebagai Ketua KPU Palembang.

Informasi yang dihimpun, akar permasalahan dari masalah ini adalah pengaduan dari saudara bernama M Taufik selaku Ketua Panwaslu Palembang dimana menurutnya bahwa apa yang di lakukan oleh KPU Palembang dengan tidak, mengunakan Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) dalam Pleno rekapitulasi di tingkat PPS dan PPM secara berjenjang tidak sesuai dengan PKPU NO 2 Tahun 2017 tentang pemutahiran data dan penyusunan Daftar Pemilih dalam Pilgub dan Pilwako yang di gelar 27 Juni lalu.

Baca Juga :   Jalan Underpass Bahayakan Pengendara

Akibat situasi ini ditenggarai KPU Kota Palembang telah melanggar kode etik dalam melakukan pemutahiran data pemilih serta tidak berlandaskan pada prinsip penyelenggara pemilu. DKPP juga memerintahkan KPU Provinsi Sumsel untuk melaksanakan putusan ini paling lambat 7 hari setelah di bacakan, demikian bunyi putusan DKPP tersebut.

Ketika Suara Nusantara mencoba memintai tanggapan pemberhentian ini kepada anggota KPU Kota Palembang, Abdul Karim Nasution. Yang bersangkutan sama sekali tak memberikan komentar.

Pesan Whatsapp prihal konfirmasi permasalahan ini yang dikirim Suara Nusantara ke no pribadi Abdul Karim Nasution hanya di read biru atau hanya dibaca namun tidak diberikan jawaban.

Hal yang sama juga dirasakan Ketua KPU Empat Lawang. Berdasarkan keputusan Nomor 119/DKPP-PKE-VII/2018, DKPP memberi teguran keras dan meberhentikan ketua KPU Empat Lawang.

Putusan DKPP bermula mendasari karena yang bersangkutan di duga tidak melaksanakan pemutahiran data pemilih seperti tertuang dalam PKPU Nomor 2 Tahun 2017.

Baca Juga :   Ajang Pencarian Bakat Hadir di Palembang

Sementara itu, Anggota Komisioner Bidang Tekhnis, Bily Parsa saat dihubungi membenarkan, jika Ketua KPUD Empat Lawang, Mobius Alhasan diberhentikan sebagai Ketua KPUD Empat Lawang karena mendapatkan peringatan keras. Tak hanya Ketua KPUD, Endang Sustrisni juga mendapatkan peringatan keras. “Bukan diberhentikan tetapi mendapat peringatan keras Dari DKPP,” katanya.

Dilanjutkannya, guna mengisi kekosongan jabatan Ketua KPUD Empat Lawang, dalam waktu dekat ini, pihak KPUD Empat Lawang akan segera melakukan sidang pleno penggantian ketua baru.

“Karena masa jabatan akan KPUD Empat Lawang berakhir Januari 2019, maka akan segera dilakukan sidang pleno penggantian ketua KPUD Empat Lawang,” ungkapnya.

Diterangkannya, permasalahan ini tidak akan mengganggu tahapan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang dan semua itu insaallah tidak ada masalah dan tidak mengganggu tahapan-tahapan demokrasi tersebut. (den/foy)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

HD Ajak Warga Sumsel Hidupkan Budaya Kearifan Lokal

DI tengah derasnya gempuran budaya luar yang masuk ke pelosok negeri ini, Gubernur Sumatera Selatan ...

error: Content is protected !!