Selasa , Oktober 23 2018
Home / Kesehatan / Khasiat Luar Biasa Bawang Putih saat Dikonsumsi Mentah

Khasiat Luar Biasa Bawang Putih saat Dikonsumsi Mentah

Bawang Putih. (foto-net)

Jakarta, KoranSN

Sudah terkenal di seluruh belahan dunia, bawang putih jadi penyedap alami setiap masakan. Meski punya aroma tak sedap dan memiliki rasa getir, bawang putih ternyata juga menawarkan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh dan kecantikan.

Spesilais Gizi Klinik, dr Dian Permatasari M.gizi, SpGK mengakui, bawang putih memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari menurunkan kolesterol, menurunkan darah tinggi, mencegah pembekuan darah, masuk angin dan lain-lain.

Saat tampil di acara AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Kamis, 11 Januari 2018, dr Dian menjelaskan lebih jauh tentang manfaat luar biasa bawang putih.

Sembuhkan jerawat dan bisul

Diakuinya memang belum ada penelitian secara pasti tentang bawang putih bisa sembuhkan jerawat dan bisul. Namun, dia meyakini, khasiat bawang putih ini bisa saja menyembuhkan jerawat dan bisul karena bawang putih memiliki kandungan vitamin C lebih dari 300 mg. Tak hanya itu, kandungan antioksidan dari bawang putih juga sangat tinggi.

Baca Juga :   Kurang Tidur Picu Cemas dan Depresi

“1.000 kali manfaat antioksidannya, tapi bawang putih yang mentah, sehingga efektif sembuhkan jerawat dan bisul,” kata dr Dian.

Menurunkan risiko kanker dan kolesterol

Penelitian mengenai manfaat bawang putih untuk menurunkan risiko kanker dan kolesterol kata dr Dian sudah sangat banyak sekali. Dan banyak pula penelitian yang dilakukan, membuktikan berhasil. “Caranya, bawang putih bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau ekstrak, bisa dimakan mentah juga,” ujarnya.

Cegah sakit jantung

“Ini benar sekali, konsumsi bawang putih bisa cegah jantung, karena kan penyebab jantung juga bisa karena dari tekanan darah, juga kolesterol. Jadi memang benar bisa menurunkan risiko penyakit jantung.”

Meredakan flu dan radang infeksi

Diakui dr Dian, bawang putih memang ampuh mencegah masuk angin dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena bawang putih punya efek antimokroba. “Namun kalau bawang putih dipanaskan di atas 60 derajat efek antimikrobanya justru hilang. Jadi akan lebih baik bawang putih dimakan mentah.”

Baca Juga :   Pentingnya Berfantasi Agar Bercinta Lebih Menggairahkan

Menyehatkan kuku

Dalam 100 gram bawang putih mengandung kalsium 180 mg. Ini mungkin bisa jadi alasan kenapa bisa memperkuat kuku.

Rambut rontok dan ketombe

Bawang putih juga dikatakan bermanfaat mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe. Diyakini dr Dian, penelitiannya pernah dilakukan di Arab. “Ini mungkin karena mengandung kalsium tadi. Cara konsumsinya, dalam bentuk ekstrak yang diminum.”

Namun lanjut dr Dian, perlu diingat bawang putih mengandung sulfur. Sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih bisa menyebabkan bau badan. “Jadi benar konsumsi bawang putih bisa bikin bau badan juga.”

Dan dr Dian mengingatkan, agar khasiat bawang putih terasa, akan lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah. “Jadi semua penyakit punya banyak faktor, jadi jangan cuma bawang putih yang digunakan sebagai bahan pengobatan utama. Perlu ada obat penunjang lainnya. Dan intinya, jangan dipanaskan jika mau khasiatnya terasa.” (viva.co.id)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Jangan Langsung Pakai Celana Dalam Setelah Bercinta

Berhubungan intim secara rutin penting untuk kelangsungan pernikahan. Namun, ada hal yang tidak kalah penting ...

error: Content is protected !!