KKP-BI Replikasi Pembangunan “Coral Garden” Untuk Perairan Lombok

Ilustrasi – Penyelam menaruh patung garuda di dalam perairan sebagai bagian dari pembangunan coral garden. (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama-sama Bank Indonesia (BI) membangun kebun karang (Indonesia Coral Reef Garden/ICRG) di perairan Lombok Utara, NTB, dengan mereplikasi dari hal yang sama yang ada di Bali.

“KKP melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut dan Bank Indonesia melakukan replikasi ICRG di perairan Gili Meno Lombok Utara yang didukung oleh Komunitas Penyelam Nusa Tenggara Barat,” kata Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Tb Haeru Rahayu dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Baca Juga :   Pemkab Purbalingga Kaji Potensi Wisata Alam di Gunungwuled

Ia memaparkan, tema desain yang diambil adalah desain patung garuda dilengkapi struktur fishdome dan hexagonal/spider web. Hal ini juga replikasi tema yang terdapat di perairan Nusa Dua, Bali.

Seperti diketahui, ICRG di Bali telah melibatkan sebanyak lebih dari 10 ribu orang dan menghasilkan struktur karang buatan lebih dari 95 Ribu unit di 5 lokasi yaitu Nusa Dua, Pandawa, Sanur, Serangan dan Buleleng.

Tb. Haeru Rahayu menyebutkan kegiatan ini merupakan kolaborasi antara KKP, BI serta masyarakat setempat. Meski belum semasif di Nusa Dua, kebun karang yang dikembangkan di Lombok Utara menjadi Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) melalui Bank Indonesia Cabang NTB. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Pemkab Malang Kembali Dibuka Wisata Pantai untuk Wisatawan

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Luhut Minta Kominfo Dukung Digitalisasi Produk Wisata Indonesia

Jakarta, KoranSN Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Kementerian Komunikasi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.