Home / Gema Sriwijaya / Kominfo Mura Sukses Gelar Seminar Jurnalistik

Kominfo Mura Sukses Gelar Seminar Jurnalistik


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Wartawan bersama narasumber, Asisten Sekda Mura dan panitia pelaksana Kominfo dan Statistik Mura berfoto bersama usai Seminar Jurnalistik. (Foto-Rifat/KoranSN)

Musirawas, KoranSN

Pemerintah Kabupaten Musirawas (Mura) melalui Dinas Kemunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Statistik menggelar Seminar Jurnalistik. Acara dipusatkan di sebuah hotel di Kota Lubuklinggau yang diikuti sedikitnya 60 wartawan media cetak, elektronik dan online yang menjalankan tugas baik di Kabupaten Musirawas.

Seminar yang dibuka Bupati Mura diwakili Asisten II Setda Kabupaten Mura, H.Syaiful Anwas Ibna, Sabtu (8/12) ini, berlangsung sukses. Adapun tema dalam seminar jurnalistik tersebut yakni; “Menciptkan Informasi Jujur, Adil dan Bernilai Untuk Membangun Daerah“.

Sedangkan narasumber dalam seminar tersebut, yakni Imam Wahyudi, Ketua Bidang pengaduan masyarakat dan penegakkan etika Dewan Pers Indonesia dengan materi Etika dan Integritas media dalam menangkal dan mengantisipasi berita hoax, H. Irsyad Muchtar Pimred Majalah Peluang dengan materi Peran Media Massa dalam membangun atmosfir informasi yang berkualitas untuk mendukung pembangunan daerah dan Alfarabi selaku Dosen Univ Bengkulu dengan judul materi Pendidikan Literasi Media sebagai Mekanisme Pertahanan Masyarakat dalam menerima terpadaan informasi.

Baca Juga :   Sertijab Bupati Lahat Lancar

Ketua Panitia yang juga Kabid Pengelolaan Informasi Publik Diskominfo dan Statistik Kabupaten Mura, Pangidoan Silitonga mengatakan, tujuan digelarnya seminar jurnalitis tersebut berdasarkan antara lain Undang-Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Dikatakannya, maksud dan tujuan seminar yakni meningkatkan pengetahuan dan pemahaman melalui inmformasi yang berkualitas, jujur, adil dan sehat sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kemudian memberikan literasi media agar mampu menyaring informasi yang mengandung hoax, kebencian dan SARA.

Baca Juga :   Bunda Paud Muratara Resmikan Paud Nur Faizah Bingin Rupit

Selain itu semeinar ini juga untuk mengetahui peran dan posisi media dalam memberikan informasi kepada masyarakat dalam proses pembangunan daerah, dan juga membangun kerjasama antara pemerintah daerah, penegak hukum dan media massa untuk menangkal informasi hoax yang beredar di masyarakat.

Sementara Kepala Diskominfo dan Statistik Kabupaten Mura, M.Rozak pada acara penutupan seminar jurnalistik tersebut mengatakan, gembira atas terselenggaranya acara tersebut.

“Kedepan, acara untuk menambah ilmu dan wawasan ini akan terus diupayakan bahkan ditingkatkan,” ujarnya. (rif)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Enam Cabor Tradisional Bakal Meriahkan Peda KTNA XIII di Muba

Sekayu, KoranSN Pelaksanaan Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-13 Provinsi Sumatera Selatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.