Home / Lacak / Komplotan Jon Cs Ancam Nahkoda Kapal dan ABK dengan Senjata Api

Komplotan Jon Cs Ancam Nahkoda Kapal dan ABK dengan Senjata Api

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Tampak tersangka saat diamankan kepolisian Direktorat Polair Polda Sumsel. (foto-dedy/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Jonedi alias Jon (30), warga Desa Bunga Karang PU RT 04 Kecamatan Tanjung Lago Banyuasin yang merupakan perompak sadis kapal-kapal yang berlayar di Sungai Musi, Kamis (24/5/2018) ditangkap pihak kepolisian Direktorat Polair Polda Sumsel.

Tersangka diringkus atas aksi perompakan yang dilakukan bersama empat rekannya yakni; Sarbani, Darmawan, Raihan dan Jai yang keempatnya masih dalam pengejaran kepolisian terkait aksi perampokan terhadap Kapal Tugboat Leo Power 2017 di Sungai Musi, tepatnya di perairan Muara Banyuasin.

Dalam aksinya, komplotan Jon Cs ini selalu membawa senjata api dan senjata tajam untuk mengancam para korbannya yang merupakan Nakoda Kapal dan Anak Buah Kapal (ABK).

Direktur Polair Polda Sumsel, Kombes Pol Imam Thobroni mengatakan, tersangka Jon bersama empat pelaku lainnya merupakan komplotan sadis, karena dalam melancarkan aksi perampokan, para pelaku tak segan-segan melukai korbannya dengan senjata yang mereka bawa. Dimana aksi perompakan terakhir yang dilakukan para pelaku yakni pada 10 Februari 2016 lalu pukul 00.05 WIB.

“Setelah sempat menjadi buronan, akhirnya salah satu perompak yakni Jonedi alias Jon berhasil ditangkap oleh anggota kita di kawasan Pasar Induk Jakabaring Palembang. Saat ditangkap, Jon terpaksa dilumpuhkan lantaran tersangka melakukan perlawanan dan hendak melarikan diri. Dengan tertangkapnya tersangka, kini kami masih melakukan pengembangan guna menangkap empat pelaku lainnya yang masih buron,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, saat beraksi perompak Jon Cs tersebut mengendarai speedboat, kemudian para perompak naik ke kapal dan langsung mengancam Nahkoda dan para ABK.

“Dalam perompakan tersebut tersangka Jon dan pelaku lainnya merampas semua uang, handphone (HP) milik penghuni kapal. Selain itu kawanan perompak ini juga mengambil barang-barang berharga di dalam kapal, termasuk peralatan pelayaran,” ungkapnya.

Lanjutnya, dari hasil penyelidikan yang dilakukan pihaknya diketahui jika perompak Jon Cs sudah sering melakukan aksi perompak terhadap kapal-kapal yang melintasi perairan Sungai Musi.

“Akan tetapi usai tertangkap, tersangka ini hanya mengaku satu kali melakukan aksi perampokan, dan itu alasan tersangka saja. Sebab dari penyelidikan, kami menemukan sejumlah TKP di perairan Sungai Musi yang modus perompakannya sama dengan dilakukan oleh kawanan Jon Cs ini,” jelasnya.

Diungkapkannya, saat ini tersangka Jon telah diamankan di Mako Polair Polda Sumel untuk dilakukan proses hukum.

“Atas perbuatannya, tersangka Jon dijerat dengan Pasal 441 KUHP Jo Pasal 55 KUHP subsider Pasal 365 KUHP ayat (2) ke 1 dan 2 KUHP,” tutupnya.

Sementara tersangka Jonedi alias Jon terus meringis kesakitan akibat luka tembak di kakinya. Dikatakan Jon, jika aksi perompakan tersebut baru pertama kali dilakukannya.

“Baru kali inilah saya ikut merampok kapal, dan saya hanya mendapat bagian Rp 400 ribu,” ujar Jon singkat. (ded)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Kedapatan Bawa Sabu, Remaja di Prabumulih Diciduk Poilsi

Prabumulih, KoranSN Remaja berinisial ‘NA’ (16), harus berurusan dengan pihak berwajib. Warga Kelurahan Cambai Kecamatan ...

error: Content is protected !!