Home / Gema Sriwijaya / Kondisi Jalinsum di Lubuklinggau Berhias Lubang

Kondisi Jalinsum di Lubuklinggau Berhias Lubang

Salah satu titik jalan Lintas Sumatera ( Jalinsum ) melintas di Kota Lubuklinggau kini mulai dihiasi lubang mengangah di tengah badan jalan. (foto-rifat/koransn)

Lubuklinggau, KoranSN

Kondisi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang membelah Kota Lubuklinggau kini berhias lubang. Akibatnya, masyarakat pengguna jalan sangat khawatir lantaran rawan terjadinya kecelakaan lalulintas.

“Belakangan ini Lubuklinggau sering diguyur hujan lebat, membuat jalan menjadi tergenang dan secara otomatis air akan menutupi jalan yang berlubang, tidak terlihat, kondisi ini rawan terjadinya kecelakaan,” ujar Paryono salah seorang warga Kelurahan Puncak Kemuning Kecamatan Lubuklinggau Utara II Kota Lubuklinggau, Rabu (13/3/2019).

Menurut ayah tiga anak ini yang kesehariannya sebagai tukang ojek dan kerap melintas di kawasan jalan yang rusak itu, kondisi ini jika tidak segera diperbaiki tidak hanya akan memakan korban kecelakaan, pastinya akan lebih parah lagi.

Baca Juga :   Bupati Banyuasin H Askolani Cek TPS 

“Karena digenang air terus, kerusakannya akan lebih parah, lubangnya membesar,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Paryono berharap kepada instansi terkait untuk segera memperbaiki jalan tersebut.

Keluhan senada juga disampaikan Ibrahim Bastari warga Kelurahan Cereme Taba Kecamatan Lubuklinggau Timur II.

“Aku sering terjebak, saat hujan lebat,“ ujarnya pria yang bekerja mengangkut sayur ke pasar setiap malam hari ini.

Terpisah, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang, Asril melalui Kabid Bina Marga, Ibrahim mengatakan, sebenarnya pihak Pemkot Lubuklinggau sudah beberapa kali membantu perbaikan jalan tersebut.

“Pemerintah Kota Lubuklinggau hanya sifatnya membantu saja, memperbaiki yang kecil-kecil (Nampa), pasalnya jalinsum merupakan wewenang pemerintah pusat, jika daerah memaksaan, akan terjadi tumpang tindih penggunaan anggaran, yang akhirnya akan bermuara pada tindakan pidana,” ujarnya.

Baca Juga :   Pagaralam Mellinnial Road Safety Festival Datangkan Artis KDI

Lagian sambungnya, yang namanya jalan negara itu, pastinya kelasnya berbeda, lebih kuat. Sementara untuk tingkat Kota sangat bedah, makanya kendali sering diperbaiki dengan dilewati kendaraan bervolume besar, akan cepat hancur juga.

Hal senada sering disampaikan Walikota Lubuklinggau, H.SN Prana Putra Sohe, kendati Jalinsum itu tanggungjawab pemerintah pusat, sebagian masyarakat tidak mengetahui.

“Itu sangat keliru, tapi apapun itu, Pemkot Lubuklinggau akan tetap berusaha akan memperbaiki kalaupun hanya sebatas menampal saja,” ujarnya.
Pantauan di lapangan beberapa ruas Jalan Lintas Sumatera yang kembali berlubang itu antara lain, Jalan Yos Sudarso depan Jalan Merapi Kelurahan Jawa Kiri, Jalan Yos Sudarso Kelurahan Jawa Kanan SS. (rif)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

401 Calon Kades Gelar Deklarasi Damai

Muara Enim, KoranSN Sebanyak 401 calon kades menyatakan deklarasi damai dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.