Kondisi Sungai Sebelah Camat SU I Hitam Pekat Penuh Sampah

Tampak kondisi sungai di SU I yang surut penuh dengan berbagai jenis sampah. Foto diambil Selasa sore (23/10/2018). (Foto-Deni/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Sungai mengering dikawasan Seberang Ulu (SU) I yang berada tepat disamping Kantor Camat SU I saat ini kondisinya sangat kumuh penuh dengan bermacam jenis sampah. Ini tentunya berbanding terbalik dengan program Walikota Palembang yang ingin mewujudkan sungai di Palembang sebagai venesia dari timur.

Kondisi ini sangat dikeluhkan warga karena selain tak sedap dipandang mata, kotornya sungai juga bisa menjadi sumber penyakit bagi masyarakat sekitar. Peran pemerintah setempat baik kecamatan maupun kelurahan sangat diperlukan guna mengembalikan fungsi sungai yang bersih dari sampah.

Penelusuran Suara Nusantara, Selasa sore (23/10) ratusan jenis sampah bercampur hitamnya air sungai yang sedang surut menjadi pemandangan tersendiri bagi warga yang berlalulalang di seputaran lokasi sungai.

Mulai dari jembatan lalulintas di SU I hingga megarah ke jalan laut 5 Ulu sangat jelas terlihat sampah-sampah berserakan disepanjang sungai yang tengah surut tersebut. Dipastikan jika kondisinya terus-terus seperti ini, sungai penuh sampah ini bisa menjadi sarang jentik-jentik nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) yang tentunya membawa penyakit bagi masyarakat sekitar.

Baca Juga :   5 Ribu Umat Muslim Hadiri Haul KH Zawawi

Dedi (26), warga yang tinggal didekat sungai di SU I ini, menyayangkan adanya keberadaan sampah berserakan yang bercampur hitam pekatnya air di sore hari saat sungai sedang surut.

“Kami selaku warga sangat berharap peranan pemerintah baik dari kecamatan maupun kelurahan bergotong royong bersama warga untuk melakukan pembersihan sungai ini. Kondisi sampah yang berserakan ini sudah lama berlangsung, setiap sungai surut pasti banyak sampah disini,” kata pemuda yang sedang nongkrong sore di dekat lokasi saat dibincangi penulis.

Keluhan lainnya juga disampaikan, Mirna (39) seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang sedang berkunjung kerumah kerabatnya di dekat lokasi sungai di SU I ini.

Menurutnya, kondisi ini harus segera ditanggulangi mengingat jika dibiarkan dan tidak dibersihkan sungai yang airnya hitam pekat dan penuh sampah ini bisa menjadi sumber penyakit bagi warga.

Baca Juga :   Dishub Kota Palembang Uji Coba Parkir Online

“Saya ini nak ketempat saudara yang tinggal di dekat lokasi sungai. Yo kalau kami masyarakat ini pengennyo sungai ini bersih. Cak nyo la nak duo bulanan atau lebih kondisi sungai ini kotor cak ini,” jelas IRT yang ditinggal dikawasan Jakabaring ini.

Ia menyayangkan, seharusnya lokasi ini bisa jadi area bersantai bagi warga untuk sekedar duduk-duduk dipinggiran daman sungai di sore hari. Itu jika sungai bersih dari sampah tetapi kalau kumuh semacam ini siapa yang mau duduk-duduk di daman sungai. “Jangankan nak duduk-duduk, nak dekati sungai be uong males kalo kondisinyo kumuh cak ini,” terangnya. (den)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

26 Warga Palembang Positif Corona

Palembang, KoranSN Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, Selasa (20/10/2020) terdapat 26 warga …