Konsumsi Bayam Merah Baik bagi Penderita Anemia

Bayam Merah. (Foto/Net)

MENGONSUMSI sayuran, memang sangat dianjurkan. Bukan hanya sayuran yang berwarna hijau, sayuran dengan warna merah terang seperti bayam merah, juga baik dikonsumsi.

Bayam jenis ini memiliki daun dan batang berwarna merah keunguan. Bayam merah atau biasa disebut bayam China merupakan salah satu tanaman bernilai ekonomis tinggi. Meski bayam merah memiliki rasa yang sama dengan bayam hijau, kandungan zat warnanya menjadikan manfaat bayam merah sebagai antioksidan lebih unggul.

Selain sebagai sumber nutrisi, bayam merah diyakini bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya konsumsi bayam merah dapat meningkatkan sel-sel darah merah di tubuh, mengatasi anemia, anti kanker, menguatkan tulang, mengatasi masalah ginjal hingga baik bagi kesehatan mata.

Baca Juga :   Kondisi WNI Positif Corona di Singapura Stabil

Lantas benarkah jika kerap mengonsumsi bayam merah mampu mencegah anemia?

Spesialis gizi klinis dr Ida Gunawan SpGK mengatakan bahwa bayam, jenis apapun kaya akan nutrisi seperti mineral, kalsium dan zat besi. Menurutnya komponen nutrisi jenis tersebut sangat baik untuk mencegah anemia.

“Orang dengan penyakit anemia harus mengonsumsi zat besi, namun perlu diingat, zat besi yang ada di bayam tidak sebaik yang ada di hewan,” ujarnya.

Kandungan zat besi menjadi salah satu keistimewaan bayam. Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah agar Anda tidak menderita penyakit kekurangan darah, yang dikenal dengan nama anemia.

Baca Juga :   Tata Cara Imunisasi Saat Pandemi COVID-19

Lebih lanjut Ida mengatakan bukan hanya konsumsi bayam, namun penderita anemia juga perlu mengkonsumsi daging merah.

“Jadi jika kita ingin memperbaiki anemia, jangan hanya berpatok dengan sumber nabati, tapi juga hewani, ingat lagi pilih yang tepat,” katanya. (viva.co.id)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Puluhan Ribu Masker Bantuan Pemkot Guangzhou Disebar di Surabaya

Surabaya, KoranSN Puluhan ribu masker bantuan dari Pemerintah Kota Guangzhou, Tiongkok, siap disebar kepada warga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.