Home / Gema Sriwijaya / Koperasi Harus Kuat dan Mempunyai Daya Saing

Koperasi Harus Kuat dan Mempunyai Daya Saing

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Panca Surya Diharta menyematkan tanda peserta pelatihan manajemen pengelolaan koperasi. (Foto-Yudi/Koransn)

Muara Enim, KoranSN

Peran koperasi/KUD sangatlah tepat dan strategis dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekarang ini. Untuk itu, keberadaan koperasi harus mampu menjadi lembaga ekonomi yang kuat dan tangguh serta mempunya daya saing. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Demikian dikatakan Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar yang diwakilkan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Panca Surya Diharta yang membuka acara pelatihan manajemen pengelolaan koperasi selama tiga hari mulai, Rabu-Jumat (25-27/4/2018) yang dilangsungkan di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim.

Dikatakan Panca, untuk menjadikan koperasi yang kuat dn tangguh, diperlukan koperasi yang sehat, terutama sehat kelembagaannya, baik kepengurusan, pengawas dan pengelolaan administrasi yang baik. Sehingga usaha dan permodalannya dapat berkembang dan dapat meningkatkan pendapatan/SHU koperasi.

Diakui Panca, bahwa peran koperasi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat belum begitu besar, masih banyak kelemahan-kelemahan dalam pengelolaan koperasi. Baik dari sumberdaya manusianya, usaha maupun dari segi permodalannya.

“Untuk itu lah, berbagai upaya dalam meningkatkan keberadaan koperasi ditengah-tengah masyarakat perlu dilakukan, pembinaan antara lain melalui pelatihan menejemen pengelolaan koperasi. Sehingga kedepan koperasi dan KUD mampu menjadi lembaga ekonomi yang kuat dan tangguh serta mempunyai daya saing,”ungkap Panca.

Panca berharap kepada seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan ini dengan sunguh-sungguh ilmu yang didapat selama mengikuti pelatihan ini dapat diterapkan di koperasinya masing-masing. Selanjutnya, Kepada narasumber dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia dapat memberikan masukan yang sangat berarti bagi peserta, khususnya terhadap koperasi dalam menumbuh kembangkan koperasi di Kabupaten Muara Enim.

Adapun narasumber pelatihan tersebut berasal dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yakni, Drs Bagyo Sudarsono P MM, dan Drs Arieffudin. (yud)

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Si Jago Merah Hanguskan 6 Bedeng Milik Warga Dempo Reokan Pagaralam

Pagaralam, KoranSN Warga Dusun Dempo Reokan Kelurahan Pagaralam Kecamatan Pagaralam Utara heboh saat si jago ...

error: Content is protected !!