Home / Kota Musi / KPK Diminta Awasi Pemilihan Wawako Palembang

KPK Diminta Awasi Pemilihan Wawako Palembang

Arifin Kalender. (foto/Anton Wijaya)
Arifin Kalender. (foto/Anton Wijaya)

Palembang, KoranSN

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta terjun langsung mengawasi proses pemilihan wakil walikota (Wawako) Palembang, yang disinyalir tidak menutup kemungkinan terjadi politik transaksional.

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Masyarakat Miskin Kota (MMK) Palembang, Arifin Kalender, dalam keterangan persnya, Kamis (7/4/2016).

Menurutnya, keberadaan KPK diharapkan dapat mencegah terjadinya money politic atau politik uang, dengan demikian pemilihan Wawako oleh DPRD Kota Palembang dapat berjalan profesional, sehingga menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

“Secepatnya kami akan ke Jakarta untuk menyampaikan ini ke KPK dan mengirimkan surat secara resmi agar lembaga tersebut mengawasi sepenuhnya para anggota DPRD Palembang, untuk tidak melakukan politik transaksional,” kata Arifin.

Baca Juga :   Transportasi Masih Jadi Kendala Tanggulangi Kebakaran

Menurut Arifin, KPK harus berada dalam tiap pelaksanaan Pilwawako Palembang, dengan mengawasi secara penuh alat komunikasi, atau transaksi yang kemungkinan terjadinya politik uang dalam pelaksanaan pra atau pasca pilwawako.

Selain itu, Arifin mengharapkan agar Walikota Palembang, Harnojoyo tidak melakukan politik balas budi terhadap Romi Herton, yang kini ditahan di Rutan Suka Miskin.

“Jadi, jangan gara-gara persoalan balas budi, kemudian melegalkan balon yang masih ada kaitan dengan mantan Walikota Palembang, Romi Herton,” katanya.

Seharusnya, kata Arifin, Harnojoyo memilih calon yang berkualitas dan seirama untuk mewujudkan Palembang Emas 2018.

Baca Juga :   Libur Akhir Tahun, Dishub Temukan Banyak Kendaraan Tak Layak Jalan

“Kami harap Walikota juga mengedepankan kualitas calon yang akan diajukan, agar pembangunan Palembang kedepan dapat berjalan dengan baik,” ujar dia.

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini, sejumlah nama bakal calon wakil walikota Palembang dari partai pengusung sudah diterima oleh Walikota Palembang, Harnojoyo, yakni, Yudha Rinaldi (PDI Perjuangan), Yudi F Bram (PAN), Fitrianti Agustinda (PKS dan PPP) dan Suhaili (PKS). Sementara, Partai Demokrat diyakini akan mencalonkan Chairul S Matdiah, namun secara resmi hal itu belum dilakukan. (awj)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Cegah Kebakaran Lahan, Babinsa Kodim Palembang Tingkatkan Patroli dan Sosialisasi

Palembang, KoranSN Guna mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kawasan yang rawan kebakaran, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.