Home / Kota Musi / KPK Wacanakan Adanya Struktur KPK Untuk Daerah

KPK Wacanakan Adanya Struktur KPK Untuk Daerah

Pemukulan Gong oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin didampingi Wakil Ketua KPK Thoni Saut Situmorang, Walikota Palembang Harnojoyo sebagai tanda pembukaan Workshop Kolaborasi Tunas Integritas I (Foto-Humas Pemkot Palembang)

Palembang, KoranSN

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana menambah struktur KPK untuk tiap daerah. Hal ini dilakukan untuk mempersempit kemungkinan adanya korupsi di tiap daerah. Wakil Ketua KPK RI, Thony Saut Situmorang menjelaskan, namun wacana ini masih akan dikaji kembali oleh pihaknya.

“Nanti pastinya akan ada perwakilan KPK di daerah-daerah. Namun untuk pembentukan struktur organisasinya, masih dalam pembahasan. Saat ini yang jelas sudah ada pembentukan regionalisasi. Bisa saja nanti dibentuk per pulau,” terangnya usai mengisi pembukaan Workshop Kolaborasi Tunas Integritas Nasional I Tahun 2017 di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Rabu (1/3/2017).

Bukan itu saja, Saut juga mengatakan, model kinerja KPK di daerah pastinyajuga bakal diganti. Namun untuk membentuk struktur KPK di daerah belum didiskusikan. Begitu pun dengan daerah mana saja yang akan ada perwakilan KPK.

“Pastinya kehadiran KPK akan lebih banyak di derah dan tetap ada. Model kerja KPK di daerah bisa saja nanti bakal memiliki konsep James Bond seperti badan intelijen, atau lainnya. Ada beberapa tanggapan jika KPK sibuk berkutik di wilayah Jawa saja, itu kan tidak baik. Padahal dari Aceh hingga Papua semua mendapat perhatian dari KPK. Untuk itu, struktur KPK di tiap daerah ini kita wacanakan dibentuk agar lebih maksimal lagi,” terangnya.

Baca Juga :   Danrem 044/Gapo Tutup TMMD ke-101 Kodim 0402 di Desa Sungai Ceper OKI

Ia menuturkan, untuk melakukan pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi, pihaknya juga akan melakukan revisi Undang-undang (UU) yang ada. Sebab, dari catatan selama ini masih banyak pejabat negara yang belum tersentuh.

“Perlu diketahui kepada semuanya, sekarang melakukan korupsi tapi tidak ditindak. Tapi bukan berarti lewat, bisa jadi 18 tahun lagi akan diperiksa. Karena bisa jadi KPK jilid-jilid berikutnya lebih kejam. Dalam menangani kasus Korupsi ini, tidak mudah seperti membalikan telapak tangan, sudah OTT saja kami (KPK) bisa di praperadilkan,” tegasnya.

Tapi, menurut Saut, semua modus-modus yang diterapkan setiap pelaku korupsi terutama di daerah, hal ini sudah menjadi list pihak KPK. “Untuk memastikan seseorang korupsi atau tidak kita perlu bukti kan, minimal dua bukti yang kita miliki. Jika itu belum kita miliki, ya kita hanya bisa melakukan pembinaan, mempelajari tata kelola dan terus mempelajarainya dari bukti transfer, bukti kerugian atau adanya saksi,” pungkasnya.

Baca Juga :   Hadiri IDF 2019, Herman Deru Harapkan Daerah Lebih Kreatif

Ditempat yang sama, Walikota Palembang, Harnojoyo mengungkapkan selaku tuan rumah memaparkan beberapa program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sehingga Palembang bisa menjadi terpilih sebagai tuan rumah. Ia menyampaikan dua program unggulan Palembang yakni gotong royong dan safari subuh. Gotong royong yang dilaksanakan secara konsisten selama lebih dari dua tahun telah menunjukkan hasil yang positif, salah satunya merubah pola atau perilaku masyarakat untuk menjaga kebersihan, selain itu sudah ratusan sungai ataupun anak sungai yang berhasil dibersihkan dengan program gotong royong ini.

“Alhamdulillah program gotong royong yang kami canangkan secara konsisten terus kami laksanakan setiap minggu di seluruh Kelurahan dan telah beberapa kali mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari berbagai pihak,” ujarnya, dalam Workshop dihadiri juga Kepala PPATK Kiagus Badaruddin, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, FKPD Provinsi Sumatera Selatan dan Kota Palembang, Para Bupati, Walikota beberapa daerah di Indonesia dan ratusan peserta Workshop dari seluruh Indonesia tersebut. (tya)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Marwardi Yahya Buka Monev Penyelesaian Masalah Aset Lintas Pemda

Palembang, KoranSN Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya didampingi Sekda Sumsel H Nasrun Umar membuka …