Home / Politik dan Pemerintahan / KPU Lahat Tetapkan Lima Paslon Bupati dan Wakil Bupati

KPU Lahat Tetapkan Lima Paslon Bupati dan Wakil Bupati

Lima paslon bupati dan wakil bupati yang dinyatakan memenuhi syarat lolos verifikasi KPU saat foto bersama. (foto-robby/koransn.com)

Lahat, KoranSN

Suasana penuh semangat mewarnai penetapan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lahat, dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati lahat, tahun 2018 di Kantor KPU Lahat, Senin (12/2/2018).

Ketua KPU Lahat, Samsul Rizal Nusir menyampaikan, dalam rapat pleno terbuka dari enam paslon yang mendaftarkan diri di KPU Lahat ada satu Paslon atas nama Dodo Arman-Sutrisno dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak dapat mengikuti Pilkada Lahat.

Masih kata Rizal, tidak lolosnya pasangan tersebut karena tidak melengkapi syarat sesuai ketentuan. Lima paslon yang lolos yakni pasangan Bursa Zarnubi-Parhan Berza yang didukung Partai PKB, PAN dan Golkar. Paslon Cik Ujang-Haryanto diusung Partai Demokrat, NasDem, Hanura. Kemudian Paslon Nopran Marjani-Herliansyah diusung Partai Gerindra, PDI P, PPP dan PKS. Untuk pasangan jalur perseorangan yakni pasangan Hapit Padli-Erlansyah Rumsyah dengan jumlah dukungan E KTP 27.073 dan Purnawarman Kias-Rozi Adiansyah 27.688. Untuk paslon Parpol sendiri batas minimal kursi dukungan delapan kursi sementara untuk perseorangan 25 ribu E KTP.

Sempat terjadi intrupsi dalam rapat pleno terbuka, paslon Nopran Marjani mengajukan intrupsi, Nopran mengungkapkan adanya laporan warga dan tim terkait hasil verifikasi faktual oleh anggota PPK dan PPS terkait dugaan pelanggaran.

Nopran mengungkap, terdapat data warga yang sudah meninggal namun dinyatakan memenuhi syarat dalam mendukung paslon perseorangan.

“Kami berharap laporan tersebut ditindaklanjuti dan bagaimana statusnya nanti. Akan lebih baik bila bila KPU transparan, “ungkapnya.

Disamping itu, Nopran Marjani menungkapkapkan rasa suka cita karena telah lolos dalam penetapan pasangan calon.

Dia terlihat tenang bersama Herliansyah (pasangan Nopran) mengikuti proses acara berlangsung. Tutur santun dan bersahabat selalu dilontarkan oleh pasangan ini kepada semua elemen yang hadir saat itu.

Menanggapi interupsi Nopran Marjani tersebut, Ketua KPU Lahat, menegaskan jika ada pelanggaran silakan diajukan melalui proses yang ada baik itu Panwaslu maupun Badan Kehormatan Pemilu.

Sementara, Komisoner Panwaslu Lahat Andra Juarsyah, menegaskan akan menindaklanjuti adanya aduan terkait dugaan pelanggaran dalam verifikasi faktual calin perseorangan.

Sementara itu, salah satu Paslon yang dinyatakan lolos, Haryanto menuturkan rasa syukurnya dan siap untuk mengikuti proses Pilkada Lahat dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada. Sikap ramah juga ditunjukan oleh pasangan Cik Ujang dan Haryanto.

Untuk paslon Burzah Sarnubi dan Parhan Berza hanya dihadiri oleh Parhan Berza selaku calon wakil Bupati. Pada kesempatan itu Burzah Sarnubi tidak tampak hadir.

Terpisah, saat Suara Nusantara konfirmasi mengenai jalanya sidang pleno terbuka di KPU Lahat dengan Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi SIK mengenai pengamanan lokasi dia menuturkan, keadaan berjalan dengan baik dan lancar tidak ada indikasi kerawanan dalam jalanya sidang pleno terbuka dalam penentuan paslon ini. (rob)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Tim Pemenangan Solid, Ishak-Yudha Selalu Contohkan Saling Menghargai dan Menghormati

Palembang, KoranSN Adanya kasus pendukung ataupun tim pemenangan yang berpindah dari satu pasangan calon kepada ...

error: Content is protected !!