Home / Nasional / KPU Minta Warga Bantu Petugas Awasi Penghitungan Suara Pemilu

KPU Minta Warga Bantu Petugas Awasi Penghitungan Suara Pemilu


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
Komisioner KPU Hasyim Asyari. (foto-net/detiknews.com)

Jakarta, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta masyarakat membantu petugas dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. KPU meminta warga ikut serta dalam mengawasi proses penghitungan suara.

“Kami mohonkan kepada masyarakat luas tolong penyelenggara pemilu dibantu. Kalau kehujanan jangan sampai masuk angin, kasih payung, dijagai,” ucap Komisioner KPU Hasyim Asyari kepada wartawan di STHI Jantera, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2019).

Hasyim berharap partisipasi masyarakat dapat mencegah terjadinya kecurangan. “Upaya hitung dari TPS sampai penetapan enggak bergeser, tetap ajeg segitu. Ada motif ini itu, segala macam, mari kita jaga hal yang mungkin terjadi tidak terjadi,” ucap Hasyim.

Baca Juga :   Kasus Rommy, KPK Periksa Staf Khusus Menteri Agama

Selama proses Pemilu 2019, Hasyim merasakan pengawasan dari berbagai pihak kepada KPU cukup tinggi. Sejumlah pihak dinilai berperan penting dalam mewujudkan pemilu yang jujur dan adil.

“Kalau Bawaslu, DKPP, akademisi di kampus, jurnalis, ini perlu benar-benar menjaga. Medsos juga luar bisa beda dengan lima tahun lalu,” ucap Hasyim.

Sementara itu, Direktur Pusako Fakultas Hukum Universitas Andalas, Feri Amsari menyebut, tidak mungkin pemilu berjalan bersih 100 persen. Menurut dia, pelanggaran bakal masih terjadi dalam pemilu kali ini.

Baca Juga :   Pertamina Luncurkan Dexlite & Pertamax Turbo

“Nggak mungkin dong kalau sekarang kita lugu, semua kita menginginkan pemilu ini 100% bersih tanpa kecurangan, tanpa money politics, tidak mungkin, dua pihak sama-sama bermain,” ucap Feri di lokasi yang sama.

Feri menyarankan pihak yang menemukan indikasi kecurangan dalam pemilu untuk mengajukan gugatan ke MK. “Oleh karena itu, saya mengingatkan kalau mau memilih jalur MK, disiapkan bukti-buktinya secara matang. Menurut saya, saran saya kepada pihak yang menyarankan people power itu, lebih baik pihak ini berkonsenterasi untuk maju ke MK jika ada indikasi kecurangan,” ucap Feri. (detikcom)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Jokowi 74,8%, Prabowo 25,2%

Penang, KoranSN Proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 bagi WNI di wilayah Penang, Malaysia, telah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.