KPU Muratara Diminta Sterilisasi

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana. (Foto-Anton/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muratara Agus Mardianto mengakui dirinya terpapar Covid-19 bersama satu anggota komisioner lainya, Handoko dan enam staf KPU Muratara.

Hal ini berdasarkan keterangannya yang disampaikan kepada Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Sabtu (19/9/2020).

“Berdasarkan hasil swab kami yg keluar hari ini. Saya (Agus M) dan Handoko serta 6 staf KPU dinyatakan positif Covid-2019. Mohon maaf apa bila ada yang sempat kontak dengan kami saat Rakor hari Kamis lalu,” tulis Agus sebagaimana dipublish Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana di Group Whatsapp KPU Sumsel.

Menanggapi ini, Kelly Mariana mengaku prihatin dengan kondisi yang menimpa komisioner KPU Muratara dan staf. Ia pun meminta KPU Muratara untuk sterilisasi kantor selama tiga hari dan harus dilakukan penyemprotan disenfektan.

“Kami sudah berkomunikasi langsung dengan mereka dan semua dalam keadaan sehat wal afiat tanpa ada gejala,” kata Kelly.

Kelly mengaku, setelah mengetahui ada komisioner KPU Muratara dan staf yang positif Covid-19, dirinya langsung meminta semua yang hadir pada rapat koordinasi (Rakor), Kamis (17/9/2020) lalu, untuk melakukan rapid test.

“Karena kami baru saja melaksanakan Rakor dengan KPU 7 kabupaten yang pilkada hari Kamis kemarin, kami sudah menghimbau semua yang hadir pada acara tersebut untuk setidaknya segera melakukan rapid test untuk keamanan kesehatan mereka dan lingkungan mereka bekerja dan keluarga,” beber Kelly.

Baca Juga :   Penolakan Kelapa ke Thailand Tak Pengaruhi Ekspor Sumsel

Kelly mengimbau seluruh penyelenggara pemilu di Sumsel di semua tingkatan untuk mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan dan menghindari penyebaran Covid-19.

“Mohon doanya biar kami semua penyelenggara pemilu di Sumsel sehat dan selamat dalam penyelenggaraan pemilihan serentak 2020 di Sumsel,” harapnya.

Terkait tahapan pilkada selanjutnya Kelly mengaku, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan KPU RI. “Sampai saat ini kami KPU Propinsi sedang melakukan koordinasi dan konsultasi dengan KPU RI terkait tahapan pilkada yang sedang dan akan berlangsung beberapa hari kedepan, seperti penetapan pasangan calon dan pengundian no urut,” pungkasnya.

Segera Lakukan Traking Multiarea

Sementara itu, Pengamat Politik Bagindo Togar Butar-butar mengaku prihatin dengan terpaparnya komisioner KPU Muratara dan staf.

Menurutnya, perlu ditelusuri, paparan Covid-19 terhadap dua komisioner KPU Muratara tersebut, apakah berasal dari transimisi lokal atau dari perjalanan luar daerah Kabupaten Muratara, Mura ataupun Kota Lubuk linggau.

“Sepantasnya segera dilakukan traking multiarea dan lockdown di Kantor KPUD Muratara hingga 14 hari kedepan. Tentu saja sangat mengganggu rytme kerja KPUD Muratara yang tengah mempersiapkan skedul juga tatanan persiapan maupun tahapan pelaksanaan Pilkada serentak di wilayah itu,” beber Bagindo.

Baca Juga :   Calon PPK dan PPS Wajib Bebas Narkoba

Ia mengatakan, terkait hal ini, KPU Provinsi Sumsel dituntut untuk segera melakukan upaya pendampingan juga memback up manajemen organisasi penyelenggaraan pemilukada di Kabupaten Muratara.

“Karena jumlah Komisioner KPUD hanya 5 per kabupaten, jelas sangat mempengaruhi kinerja kelembagaan. Disisi lain, kasus ini merepresentasikan bahwa para anggota KPUD masih tergolong rentan kondisi kesehatan ataupun imunitas fisiknya, bisa saja mungkin belum konsisten disiplin dalam mematuhi terhadap protokol kesehatan,” cetusnya.

“Saatnya KPU serta stakeholder lainnya, melakukan reevaluasi semua persiapan tahapan pelaksanaan pilkada serentak yang telah dirancang. Tidak sekedar penerapan protokol kesehatan standar, tapi cermati dengan detail juga seksama faktor phisikis dan non phisikis lainnya, karena keselamatan nyawa warga jauh lebih berharga ketimbang “aksi kontribusi suara” bagi paslon kepala daerah yang belum dijamin akan ber amanah,” pungkasnya. (awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

HUT Golkar ke-56 Bakal Diwarnai Rekor MURI

Palembang, KoranSN DPD Partai Golkar Sumsel akan menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Golkar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.