Senin , Januari 21 2019
Home / Pesta Demokrasi / KPU Sumsel Coret 16 Bacaleg

KPU Sumsel Coret 16 Bacaleg

Persatuan Jaksa Indonesia
Liza Lizuarni. (foto-anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Komisioner KPU Sumsel Divisi Teknis Penyelenggaraan Liza Lizuarni menyatakan, sebanyak 16 bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Sumsel dicoret karena tidak memenuhi syarat (TMS). 16 Bacaleg yang masuk dalam kategori TMS ini karena tidak melengkapi syarat administrasi.

“Jadi total ada 1014 nama Daftar Calon Sementara (DCS) yang kita tetapkan. Sementara untuk 16 calon yang TMS sudah tidak bisa diganti,” kata Liza, Minggu (12/8/2018).

Ia mengatakan, mayoritas Bacaleg yang dinyatakan TMS berasal dari partai baru. “Totalnya 16 bacaleg itu dari lima partai politik. Semuanya dari partai baru,” jelas Liza.

Baca Juga :   Satgas Polda Sumsel Antisipasi Kecurangan Pileg 2019

Selanjutnya kata Liza, setelah ditetapkan DCS, KPU mempersilahkan masyarakat untuk memberikan tanggapan. Tanggapan ini berpengaruh besar terhadap status Caleg dalam DCS, bahkan bisa menggugurkannya.

Ia mengatakan, selain tanggapan masyarakat, hal yang bisa menggugurkan pencalonan adalah jika Caleg meninggal dunia.

“Contoh yang bisa membuat Caleg itu digugurkan, seperti jika ada masukan masyarakat yang menyatakan bahwa si Caleg adalah mantan Napi koruptor, dan setelah diklarifikasi ke partainya memang benar ia merupakan mantan Napi, artinya ia masuk dalam TMS. Untuk yang seperti ini, kalau ia laki-laki maka tidak bisa diganti, tapi kalau ia perempuan, kita akan lihat dulu besaran kuota perempuan dalam partai tersebut, kalau berpengaruh terhadap kuota perempuan maka bisa diganti,” beber Liza.

Baca Juga :   Minta Asuransi, Warga Pagaralam Ngadu ke Alex Noerdin

Liza mengatakan, masyarakat yang ingin memberikan tanggapan harus menyertakan fotokopi identitas diri (KTP), bisa melalui email ataupun surat yang ditujukan ke KPU Sumsel.

Sementara Ketua KPU Sumsel Aspahani menambahkan, usai penetepan DCS, KPU Sumsel memberikan kesempatan pada masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapan terhadap nama-nama calon yang tercantum di DCS tersebut, 12-21 Agustus 2018.

“Masukan dan Tanggapan Masyarakt dapat dikirim ke email kpudsumsel@gmail.com,” pungkasnya. (awj)

Hotel Grand Inna Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Minta Asuransi, Warga Pagaralam Ngadu ke Alex Noerdin

Pagaralam, KoranSN Ratusan warga Desa Tebet Baru Ulu Kelurahan Tebet Giri Indah, Jumat (19/1/2019) berbondong-bondong ...