KPU Sumsel Masih Tunggu Perppu Penundaan Pilkada 2020

Kelly Mariana. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel masih menunggu peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) atau surat edaran KPU RI untuk melakukan penundaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 karena pandemi COVID-19.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Kamis (2/4/2020) mengakui sudah ada kesepakatan penundaan pilkada oleh KPU RI dengan Mendagri, namun pihaknya butuh payung hukum (Perppu) untuk memplenokan penundaannya.

“Tentang penundaan Pilkada serentak 2020, apapaun rencananya apakah penundaan atau penggantian hari H pencoblosan seyogyanya dituangkan dalam UU atau Perppu karena Pilkada serentak ditetapkan dalam UU,” kata Kelly.

“Nantinya (jika sudah keluar) kami siap melaksanakan UU atau Perppu dalam hal pelaksanaan Pilkada serentak sesuai aturan yang berlaku,” katanya menambahkan.

Baca Juga :   Penetapan Calon dan Pengundian Nomor Urut Berjalan Lancar

Rencana penundaan Pilkada serentak ini, berdasarkan hasil rapat Komisi II DPR RI, Mendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP, Senin (30/3/2020). Penundaan ini tidak terlepas dari perkembangan pandemi Covid 19 dan demi mengedepankan keselamatan masyarakat.

Menurut Kelly, KPU RI sudah memberikan opsi pelaksanaan pilkada serentak setelah dilakukan penundaan. Ada tiga opsi terkait rencana penundaan pilkada serentak tersebut, yakni 9 Desember 2020, 17 Maret 2021 dan 29 September 2021.

“Kita masih menunggu Perppu keluar untuk kepastiannya,” kata Kelly.

Ia mengatakan, saat ini pilkada 2020 dianggap berlangsung sampai tahapan penundaan dan nantinya tahapan akan dilanjutkan jika sudah ditetapkan hari pencoblosan baru, yang dinamakan pemilu lanjutan atau pilkada lanjutan.

Baca Juga :   Kecewa Putusan Harnojoyo, PDIP Jadi Oposisi

“Soal putusan hari H (pelaksanaan pilkada serentak) nanti akan diputuskan olek KPU, Pemerintah dan DPRRI,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pilkada serentak di Sumsel akan dilaksanakan di tujuh daerah, yakni Kabupaten Ogan Ilir (OI), OKU, OKU Timur, OKU Selatan, PALI, Musi Rawas dan Kabupaten Muratara. (awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

HD Sinkronkan Program Strategis Provinsi dengan Kabupaten/Kota

Palembang, KoranSN Untuk mempercepat jalannya pembangunan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, dibutuhkan komitmen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.