Home / Politik dan Pemerintahan / KPU Tegaskan Tak Ada Tes Kesehatan Pembanding Bagi Bakal Pasangan Calon

KPU Tegaskan Tak Ada Tes Kesehatan Pembanding Bagi Bakal Pasangan Calon

Ketua KPU Sumsel Aspahani (tengah) saat memberikan keterangan pers. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Aspahani menegaskan tidak ada tes kesehatan pembanding bagi bakal pasangan calon peserta pilkada serentak, Juni 2018 mendatang.

Saat ini, 39 pasangan calon atau 78 kandidat dari 9 pilkada kabupaten/kota dan pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel sedang menjalani tes kesehatan di RSMH Palembang, 11-14 Januari 2018.

“Hasil pemeriksaan tes kesehatan ini tidak diperkenankan hasil pembanding, karena kita bersifat final dan mengikat,” ungkap Aspahani saat memberikan keterangan pers, Kamis (11/1/2018).

Ia mengatakan, ada tiga elemen yang sudah ditunjuk untuk melakukan tes kesehatan terhadap 78 bakal pasangan calon, yaitu Badan Narkotika Nasional (BNN), Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Tim dokter akan memplenokan hasil dari rangkaian tes kesehatan ini tanggal 15 Januari, dan tanggal 16, KPU Sumsel dan KPU yang melaksanakan pilkada serentak akan memperoleh hasil itu dari tim dokter atau IDI,” kata Aspahani.

Menurut Aspahani, hasil dari tes kesehatan tersebut, hanya ada dua opsi, yaitu memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat. “Bilamana memenuhi syarat maka memungkinkan bagi calon untuk mengikuti pilkada, tapi kalau tidak, maka kita beri waktu untuk melakukan penggantian bakal calon, dengan waktu yang tidak panjang,” ungkap Aspahani.

Menurutnya, KPU hanya menerima keterangan dua opsi tersebut dari tim dokter. Bagi bakal calon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dipersilahkan untuk meminta keterangan langsung dari IDI. (awj)

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Sekda Buka Bimtek dan Sosialisasi Layanan Aptika Terintegrasi

Palembang, KoranSN Sekda Sumatera Selatan (Sumsel) H. Nasrun Umar membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi ...

error: Content is protected !!