KPU Tegaskan Tak Ada Tes Kesehatan Pembanding Bagi Bakal Pasangan Calon

Ketua KPU Sumsel Aspahani (tengah) saat memberikan keterangan pers. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Aspahani menegaskan tidak ada tes kesehatan pembanding bagi bakal pasangan calon peserta pilkada serentak, Juni 2018 mendatang.

Saat ini, 39 pasangan calon atau 78 kandidat dari 9 pilkada kabupaten/kota dan pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel sedang menjalani tes kesehatan di RSMH Palembang, 11-14 Januari 2018.

“Hasil pemeriksaan tes kesehatan ini tidak diperkenankan hasil pembanding, karena kita bersifat final dan mengikat,” ungkap Aspahani saat memberikan keterangan pers, Kamis (11/1/2018).

Ia mengatakan, ada tiga elemen yang sudah ditunjuk untuk melakukan tes kesehatan terhadap 78 bakal pasangan calon, yaitu Badan Narkotika Nasional (BNN), Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Baca Juga :   Herman Deru: Datanglah dengan Nurani dan Betul-betul Aksi

“Tim dokter akan memplenokan hasil dari rangkaian tes kesehatan ini tanggal 15 Januari, dan tanggal 16, KPU Sumsel dan KPU yang melaksanakan pilkada serentak akan memperoleh hasil itu dari tim dokter atau IDI,” kata Aspahani.

Menurut Aspahani, hasil dari tes kesehatan tersebut, hanya ada dua opsi, yaitu memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat. “Bilamana memenuhi syarat maka memungkinkan bagi calon untuk mengikuti pilkada, tapi kalau tidak, maka kita beri waktu untuk melakukan penggantian bakal calon, dengan waktu yang tidak panjang,” ungkap Aspahani.

Baca Juga :   RS Pratama Batumarta Segera Dibangun, Gubernur Minta Pemerintah Daerah Siapkan SDM

Menurutnya, KPU hanya menerima keterangan dua opsi tersebut dari tim dokter. Bagi bakal calon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dipersilahkan untuk meminta keterangan langsung dari IDI. (awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Ketua DPRD Sumsel: Tetap Waspada, Covid Itu Ada

Palembang, KoranSN Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati tidak menampik kalangan pejabat rentan terkena Covid-19. Menurutnya, …