KPU Tegaskan Tak Ada Tes Kesehatan Pembanding

Tim Dokter menyerahkan berkas hasil pemeriksaan tes kesehatan dan bebas penyalahgunaan narkoba para bakal calon kepala daerah kepada Ketua KPU Sumsel. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel beserta KPU kabupaten/kota penyelenggara pilkada serentak tahun 2018, resmi menerima hasil tes kesehatan jasmani, rohani dan tes bebas penyalahgunaan narkoba, dari tim pemeriksa, bertempat di Graha Utama RSMH, Selasa (16/1/2018).

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Sumsel Aspahani menegaskan tidak ada tes kesehatan pembanding bagi bakal calon kepala daerah peserta pilkada serentak. Hasil tes kesehatan yang dilakukan oleh tim riksa bersifat final dan mengikat.

Dikatakan Aspahani, hasil tes kesehatan ini menjadi salahsatu syarat bakal calon untuk ditetapkan menjadi calon atau tidak. Jika, dinyatakan tidak lolos pada tes kesehatan, maka KPU akan memberikan waktu tiga hari untuk bakal calon lainnya untuk mencari pengganti.

“Tes kesehatan ini, tidak ada pembanding. Kalau dinyatakan tidak memenuhi syarat, maka wajib diganti, kalau tidak diganti, gugur,” ungkap Aspahani.

Baca Juga :   Lima Bapaslon Pilkada Banyuasin Masih Belum Lengkapi Syarat Administrasi

Ia menjelaskan, untuk syarat bakal calon secara keseluruhan akan diumumkan pada 17-18 Januari, memenuhi syarat atau tidak. Salah satu yang kita umumkan itu soal tes kesehatan ini. Kalau nanti hasil penelitian kita, semua syarat terpenuhi, maka tidak ada masalah, tetapi jika ada yang tidak memenuhi syarat, akan diberi waktu tiga hari untuk melengkapi, semua dokumen pengganti.

“Untuk tes kesehatan, jika ada bakal calon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, bisa berkoordinasi dengan tim dokter untuk meminta keterangan soal tidak memenuhi syaratnya. Kita KPU hanya menerima amplop hasil pemeriksaan kesehatan dalam bentuk pernyataan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat, soal alasannya, bisa langsung meminta keterangan ke tim dokter,” pungkasnya.

Sementara itu, Dirut RSMH yang diwakili Direktur Medik dan Perawatan Dr Alsen Arlan mengatakan, hasil tes kesehatan jasmani, rohani dan tes bebas penyalahgunaan narkoba diputuskan melalui rapat pleno yang melibatkan IDI, Himpsi dan BNN.

Baca Juga :   Wagub Sumsel Lepas Kontingen Pesparani Berlaga di Ambon

“Hasil pemeriksaan kesehatan ini meliputi tes kesehatan jasmani, tes kesehatan rohani, psikotes, dan bebas penyalahgunaan narkoba. Pelaksanaan tes sudah berlangsung terbuka dan sesuai pedoman atau petunjuk KPU pusat. Tanggal 15 sudah kami rapat pleno dan hari ini diserahkan ke KPUD penyelenggara pilkada. Nanti kita serahkan tembusan hasil real ke masing masing Bapaslon, karena itu hak yang bersangkutan. Misal kolestrol tinggi, batu empedu atau katarak. Kalau psikologi dari Himpsi, narkoba dari BNN,” pungkasnya. (awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Elektabilitas Panca-Ardani Sulit Terkejar

Palembang, KoranSN Peluang pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Panca Wijaya Akbar-Ardani (Panca-Ardani) untuk …