Rabu , Desember 19 2018
Home / Politik dan Pemerintahan / KPU Tetapkan 4 Pasang Calon Ikuti Pilkada Palembang

KPU Tetapkan 4 Pasang Calon Ikuti Pilkada Palembang

Tampak empat pasangan calon Pilkada Palembang saat di KPU Kota Palembang. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Senin (12/2/2018) menetapkan empat pasangan calon yang akan bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Palembang pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang. Demikian dikatakan Ketua KPU Kota Palembang, Syarifudin.

Adapun keempat calon kepala daerah tersebut yakni; dari perseorangan, Akbar Alvaro dan Hernoe Roesprijadji. Kemudian pasangan H Harnojoyo – Fitrianti Agustinda, Sarimuda – Abdul Rozak dan Mularis – Syaidina Ali.

“Pada Pilwako Kota Palembang, ada empat pasangan yang sudah kita tetapkan dalam rapat pleno KPU, diantara empat pasangan ini ada satu calon perseorangan dan tiga calon yang diusung partai politik (Parpol),” kata Syarifudin.

Diungkapkan Syarifudin, untuk pasangan calon perseorangan (independent) yakni, Akbar Alvaro dan Hernoe Roesprijadji (Akhor) dinyatakan lolos verifikasi setelah memenuhi persyaratan dukungan, mulai dari perbaikan dukungan kedua yang jumlahnya mencapai 55.877 pendukung.

Kemudian ditambah dengan jumlah dukungan pertama, yakni; 26.711 pendukung. Untuk itu jika dijumlahkan maka dukungan pasangan calon ini mencapai 82.588 dukungan. Sehingga pasangan calon kepala daerah ini dinyatakan memenuhi syarat, karena untuk syarat minimal calon perseorangan yakni 74.361 dukungan dari 18 kecamatan se-Kota Palembang.

Baca Juga :   'Srikandi' Dodi-Giri Silaturahmi dengan Masyarakat Empat Lawang

“Dari hasil tersebut, sesuai tahapan yang ada Bapaslon Akhor dinyatakan lolos verifikasi dan dapat mengikuti tahapan selanjutnya, yakni masa kampanye untuk menjadi Walikota Palembang periode 2018 – 2023,” jelasnya.

Ia menambahkan, kemudian Paslon Petahana H Harnojoyo – Fitrianti Agustinda didukung Partai Demokrat, PDIP, PKB serta PAN dengan total dukungan sebanyak 27 kursi.

Selanjutnya, pasangan Sarimuda – Abdul Rozak didukung Partai Nasdem, Gerindra dan PKS dengan 13 kursi serta pasangan Mularis dan Syaidina Ali mendapatkan dukungan dari Partai Hanura, Golkar dan PPP sehingga berjumlah 10 kursi dan cukup sebagai syarat maju.

Dengan ini, dirinya mengajak kepada calon walikota dan wakil walikota agar dapat melakukan kampanye damai dan tidak anarkis serta tidak melakukan lampanye hitam.

“Sejak ditetapkan ini baik banner, spanduk dan segala bentuk arahan kampanye harus segera diturunkan. Kalau masih terlihat maka akan kena pinalti langsung oleh Panwaslu. Mari kita wujudkan kampanye yang jujur, damai, kondusif dan yang paling penting untuk menghindari black campaign,” ungkap Syarifuddin.

Baca Juga :   Soal Cawawako Palembang, Wakil Sumsel di Pusat Harus Turun Tangan

Sementara, salah satu calon Walikota Palembang, H Sarimuda menuturkan, dirinya bersama pasangannya H Abdul Rozak berkomitmen untuk menjaga dan menjunjung tinggi Pilkada damai. Terutama kepada pendukung Sarimuda – Abdul Rozak untuk taat aturan dan jangan sampai ada black campaign, karena masyarakat tahu dengan aturan.

“Saatnya rakyat Palembang memilih sesuai hatinya. Kami minta Panwaslu harus bertindak tegas. Insya Allah kami ingin pilkada yang berkualitas,” ujar Sarimuda didampingi Cek Rozak, sapaan akrab Abdul Rozak.

Kepada awak media, duet insinyur ini berpesan Pilkada tahun ini jangan ada kecurangan seperti yang terjadi di Pilkada sebelumnya.

“Kita bertanding sesuai aturan saja, masyarakat sudah tahu aturan. Kami komitmen untuk tetap damai dan menjaga kondusifitas. Kami meminta pengawasan lebih ditingkatkan lagi, agar tak dicurangi seperti tahun 2013 lalu,” pungkasnya. (rgn)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Gubernur Herman Deru Minta HKTI Jaga Semangat Petani

Palembang, KoranSN DI sejumlah kesempatan, Gubernur Sumsel Herman Deru selalu bersemangat membahas soal pertanian dan ...

error: Content is protected !!