KPUD PALI: Anggota PPS Harus Netral

Hasyim saat mengambil sumpah jabatan 213 anggota PPS. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Ketua KPUD Kabupaten PALI, H Hasyim menegaskan bahwa Panitia Pemungutan Suara (PPS) merupakan petugas negara dan harus netral dalam menjalankan tugasnya.

Hal itu dikatakannya dihadapan 213 anggota PPS Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang baru saja dilantik di gedung Serbaguna Simpang Lima kecamatan Talang Ubi kabupaten PALI.

Ia juga mengatakan bahwa tugas anggota PPS Pemilu 2019 jauh lebih berat ketimbang PPS Pilgub sekarang, karena jumlah peserta pemilu yang lebih banyak serta yang calon legislatif juga lebih banyak.

Baca Juga :   Penggunaan Dana Desa Harus Sesuai Peraturan Kemendes

“Di PPS juga merupakan proses awal jalannya demokrasi di negeri ini. Perannya sangat penting, sebagai orang kepercayaan negara untuk tegaknya demokrasi di negara ini,” jelasnya.

Ia juga menuturkan, untuk perekrutan anggota PPS sama seperti halnya perekrutan Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK), yaitu dengan cara evaluasi.

“Terseleksi kembali dalam evaluasi KPU, tidak direkrutmen secara terbuka sesuai PKPU No 3 tahun 2018. KPU hanya mengevaluasi terhadap integritas dan dedikasi selama menjalankan tugas kemarin,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sebanyak 213 orang anggota PPS dari 71 desa/kelurahan yang ada di PALI dilantik kemarin. Pelantikan sendiri disaksikan oleh Panwaslu kabupaten PALI, Kepolisian dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab PALI. (ans)

Baca Juga :   Warga Muratara Kekurangan Air Bersih
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

PTBA Salurkan 9 Ribu Paket Sembako Untuk Kaum Dhuafa dan Warga Perekonomian yang Kurang Mampu

Muara Enim, KoranSN Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) salurkan …