Kualitas Kopi Lahat Tidak Kalah Dengan Kopi Daerah Lain

Suasana Festival Kopi Lahat yang diikuti oleh 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat. (foto-ist)

Lahat, KoranSN

Kabupaten Lahat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang menghasilkan kopi. Bahkan kopi yang berasal dari Lahat tidak kalah kualitasnya dengan kopi dari daerah lainnya.

Lahat adalah salah satu kota tua di Sumatera, selain penghasil kopi di Lahat juga banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah dalam bentuk megalitikum, yang menunjukkan keluhuran budaya Lahat.

Sejak zaman dulu, kopi di Lahat merupakan salah satu unggulan penghasilan pada sektor perkebunan. Tanaman yang dapat dijumpai hampir di seluruh kecamatan ini menjadi urat nadi ekonomi Kabupaten Lahat.

Kota Lahat menjadi salah satu sentra kopi di Pulau Sumtera. Namun besarnya produksi kopi di Lahat tidak dibarengi dengan industri pengolahan kopi, maka kebanyakan pengepul memasarkannya ke luar Lahat.

Baca Juga :   Penambahan Kuota Kunjungan di Candi Borobudur dan Prambanan Bertahap

Kopi Lahat adalah surganya kopi, warung kopi menjadi sarana untuk ngobrol dan mencari teman. Selain itu, di warung-warung kopi itu kita bisa langsung melihat cara pengolahan kopi dari si penjual.

Petani kopi di Lahat saat sedang memanen kopi di Gumay Ulu.

Proses memproduksi kopi di sini juga cukup unik, karena ada salah satu prosesnyanya yang dihampar di jalan raya agar terlindas ban mobil. Tujuanya adalah agar kulit pada biji kopi bisa dengan mudah terbuka. Biji-biji kopi dari petani masih perlu pengeringan hingga kadar kekeringan mencapai target yang diinginkan. Pengeringannya memakan waktu 4 hingga 6 hari.

Kopi Lahat ini dipasarkan hingga ke luar Lahat dan kenikmatan serta kwalitas kopinya bisa diadu dengan kopi di kota lain.

Bahkan untuk memperkenalkan kopi asal Lahat ini, Bupati Lahat yang kala itu masih aktif dijabat oleh H Saifudin Aswari Rivai SE membuka Festival Kopi Lahat yang diadakan di samping rumah dinas bupati, tepatnya di Lapangan Tennis Tiara.

Baca Juga :   Pulau Weh Miliki Ikon Baru Taman Kota Sabang-Merauke

Festival Kopi Lahat ini diikuti 22 kecamatan yang ada, yang bertujuan untuk mengangkat harkat kopi Lahat supaya lebih baik lagi kedepannya. Sehingga kopi yang merupakan produk andalan Kabupaten Lahat ini bisa lebih menghidupi masyarakatnya.

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenparekraf Meninjau Kemungkinan Terapkan “Travel Bubble” di Batam

Batam, KoranSN Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meninjau kemungkinan penerapan travel bubble antara Singapura …