Home / Advetorial / Kunjungi Banyuasin, Presiden Jokowi Optimis Harga Karet Naik

Kunjungi Banyuasin, Presiden Jokowi Optimis Harga Karet Naik


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Bupati Banyuasin, Askolani saat mendampingi Presiden Jokowi meninjau kebun karet. (foto-ist)

Banyuasin, KoranSN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis harga karet akan Naik. Hal ini disampaikanya dalam kunjungan kerja dan silaturahmi dengan para petani karet Sumsel di Balai Penelitian Perkebunan Sembawa, Sabtu (9/3/2019).

Didampingi Ibu Negara Hj Iriana, Presiden Jokowi mendengar keluhan petani karet yang ada di Banyuasin. Selain itu, Presiden Jokowi menyempatkan menyadap karet bersama Gubernur Sumsel, H Herman Deru SH MM dan Bupati Banyuasin, Askolani SH MH.

Jokowi mengatakan, dalam rangka membantu petani karet ia mengajak Menteri Perekonomian dan produsen petani karet untuk membuat konsep kebijakan yang sama.

“Sehingga supply ke pasar tidak terlalu banyak, supply kita kendalikan hingga harga kita harapkan kalau barangnya kurang, harganya kurang, maka harga pasti akan naik,” kata Jokowi.

Baca Juga :   Bupati Muratara Lantik Pejabat Struktural dan Fungsional

Lebih lanjut Jokowi menambahkan, inovasi berupa penambahan karet sebagai bahan Raw Material (Bahan Baku) dapat digunakan bukan hanya di tiga provinsi saja, namun diterapkan di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

“Nanti saya akan berikan edaran agar aspal dalam artinya dicampur dengan karet dapat diterapkan di setiap provinsi. Kepada BUMN juga bulan ini beli karet bersama PTP karena tidak ada ruginya beli karet, sehingga harga karet nantinya akan naik”, tandasnya.

Bupati Banyuasin, Askolani menyambut baik langkah dari pemerintah pusat dalam hal pemanfaatan karet sebagai bahan baku pembuatan ban, sarung tangan dan lain-lainnya.

Baca Juga :   17 Perusahaan Besar AS Jajaki Sumsel

“Mengingat sebagian besar mata pencarian masyarakat kita di Banyuasin adalah petani karet, dan banyaknya keluhan dari masyarakat karena harga karet yang turun. Kami menyambut baik inovasi yang dilakukan pemerintahan Pak Jokowi,” kata Askolani.

Askolani melanjutkan, perlu upaya agar ada industri hilir untuk olahan karet dalam negeri, sehingga harga tidak terus-menerus mengacu pada harga dunia. Penggunaan karet untuk infrastruktur jalan bisa membuat harga karet berangsur naik.

Dalam kunjungan kerjanya ke Banyuasin, Presiden Jokowi didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri PU Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Mulyadi, Menseskab Pramono Anung. Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel, Ketua DPRD Banyuasin, Kapolres Banyuasin, Dandim 0430 Banyuasin, Kajari Banyuasin. (sir/adv)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Festival Anak Yatim dan Dhuafa di Muara Enim Berlangsung Semarak dan Meriah

PELAKSANAAN Festival Anak Yatim dan Dhuafa yang digelar Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang dipusatkan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.